Startup

10 Tahun Amartha Salurkan Pendanaan UMKM Sebesar Rp 2,9 Triliun

CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra

ACN Media – PT Amartha Mikro Fintek atau Amartha, perusahaan fintech peer to peer lending yang menghubungkan pendana dengan pengusaha mikro dan kecil di pedesaan, sejak 2010 hingga sekarang sudah menyalurkan pendanaan untuk usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sebesar Rp 2,9 triliun.

Baca juga: Lacak.io Startup Layanan Pelacak Digital Yang Memiliki Beragam Manfaat

Visi Amartha adalah mewujudkan kesejahteraan merata di Indonesia terutama untuk masyarakat piramida bawah melalui layanan fintech pendanaan. Layanan Amartha menghubungkan pengusaha-pengusaha mikro di pedesaan yang membutuhkan modal di dengan pendanaan di perkotaan.

Pendiri dan CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra mengatakan, di umur Amartha yang sudah 10 tahun kami telah menyalurkan lebih dari Rp 2,9 triliun, memberikan pendampingan, dan pengembangan usaha untuk lebih dari 550 ribu pelaku usaha mikro di seluruh Indonesia.

“Bahkan diharapkan para pelaku UMKM bisa bangkit jauh lebih baik lagi usaha-usahanya kedepan, lebih sustainable dan Indonesia bisa melewati masa-masa sulit seperti pandemi covid-19,” kata Andi dalam webinar Menatap Masa Depan Fintech dan UMKM 2021, Selasa (15/12/2020).

Amartha memprioritaskan keselamatan dan keberlangsungan ekonomi masyarakat sektor usaha mikro dari ancaman perlambatan ekonomi imbas pandemi Covid-19. Bahkan selama pandemi, Amartha terus melakukan pemantauan situasi dan perkembangan secara cermat dan melakukan berbagai tindakan pencegahan guna memastikan pendanaan dan usaha mitra Amartha tidak terdampak.

“Ekonomi Indonesia juga ditopang oleh ekonomi informal yang pelakunya puluhan juta dan industri fintech Amartha berupaya berperan aktif untuk surfing mereka yang terbatas mendapatkan akses keuangan di masa-masa pandemi seperti saat ini,” ujar Andi.

Baca juga: Sembrani Nusantara Berikan Pendanaan Seri A Pada Brodo

Andi menegaskan, peran Amarta dan fintech pendanaan dalam memberdayakan UMKM tidak dapat berjalan sendiri dan ini butuh dukungan dari seluruh stakeholders baik itu dari regulator, otoritas pemerintah pusat, pemerintah daerah bahkan komunitas-komunitas juga memiliki peran penting hand in hand untuk bisa membangun UMKM terus tumbuh menjadi penopang ekonomi nasional.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks