Teknologi

2024 Eropa Akan Punya Taksi Udara Dan Drone Kargo

ACN Media – Eropa tidak lama lagi akan dapat memiliki layanan taksi udara tanpa awak. Regulator penerbangan utama Eropa mengatakan, mereka telah menerima lebih dari setengah lusin perusahaan yang mendaftar untuk mengembangkan kendaraan Urban Air Mobility (UAM) untuk penumpang dan kargo.

Direktur eksekutif Badan Keamanan Penerbangan Uni Eropa (EASA), Patrick Ky, mengatakan “penggunaan komersial taksi udara dapat mulai dilakukan pada 2024 atau 2025”, dikutip dari Reuters, Rabu (19/5).

EASA juga telah memulai proses sertifikasi beberapa desain dan mengharapkan persetujuan pertama untuk mesin ringan diluncurkan pada tahun 2024. EASA mengutip angka yang menunjukkan pasar UAM akan mencapai € 4,2 miliar di Eropa pada tahun 2030 dengan menciptakan 90.000 pekerjaan.

EASA saat ini fokus pada proyek yang melibatkan kendaraan pilot untuk penumpang dan drone tanpa awak untuk pengiriman kargo. Adapun hasil survei mencatat, keselamatan menjadi perhatian utama drone dan taksi udara, serta kebisingan, terutama dalam kasus kendaraan penumpang.

Taksi drone diujicoba di Korea Selatan

Sebuah taksi drone dan pengiriman drone diujicoba di ibu kota Korea Selatan pada pekan lalu. Ini menandakan, Korea Selatan semakin dekat untuk meluncurkan kendaraan udara tak berawak pada tahun 2025.

Korea Selatan telah menginvestasikan sekitar 24,5 miliar won (sekitar US$ 22 juta) hingga tahun 2022 untuk mengembangkan Sistem K-Drone.

Ujicoba yang dihelat dekat Sungai Han Seoul tersebut, menawarkan sekilas gambaran masa depan dan seperti apa kendaraan terbang di kota berpenduduk padat.

Tidak ada penumpang manusia di dalam drone selebar 5,6 meter itu karena peraturan keselamatan. Sebaliknya, drone tersebut membawa 70 kilogram karung beras di kursinya.

Drone meluncur di atas sungai selama sekitar 10 menit dengan ketinggian sekitar 36 meter dan mencapai kecepatan hingga 50 kilometer per jam. Drone tersebut dapat terbang selama 30 menit saat baterai EHang 216 terisi penuh.

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks