Teknologi

Accenture Technology Vision 2020: Lima Tren Teknologi Utama Tiga Tahun Ke Depan

ACN Media, Jakarta — Accenture, perusahaan layanan profesional global baru-baru ini merilis Accenture Technology Vision 2020, yaitu prediksi tren teknologi utama yang akan menata ulang bisnis-bisnis selama tiga tahun ke depan.

Dilansir dari website Accenture, laporan yang diberi judul “We, The Post Digital People, Can Your Enterprise Survive The Tech-Clash?” merupakan survey dengan para tokoh teknologi dan pakar industri, serta dengan hampir 100 pemimpin di Accenture sendiri. Accenture Research melakukan survei online global atas 6.074 bisnis dan eksekutif TI seperti tahun-tahun sebelumnya pada perusahaan-perusahaan dari 25 negara – termasuk Indonesia.

Dari survei yang dilakukan Accenture untuk laporan Technology Vision terhadap lebih dari 6.000 eksekutif bisnis dan TI di seluruh dunia, 83% mengakui bahwa teknologi telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari pengalaman manusia. “Bahkan di Indonesia, 97% eksekutif setuju akan pentingnya hubungan tersebut,” kata Indra Permana, Technology Delivery Lead, Accenture di Indonesia.

“Karena terpesona oleh janji teknologi, banyak organisasi menciptakan produk dan layanan digital semata-mata karena mereka bisa melakukannya, tanpa sepenuhnya mempertimbangkan konsekuensi manusia, organisasi, dan sosial,” kata Indra. “Sekarang ini kita melihat bentrokan teknologi yang disebabkan oleh harapan konsumen, potensi teknologi, dan ambisi bisnis – dan sekarang kita berada pada titik dimana perubahan kepemimpinan menjadi penting. Banyak perusahaan harus mengubah pola pikirnya dari ‘hanya karena’ menjadi ‘kita percaya karena’dengan meninjau kembali model bisnis dan teknologi fundamental dan menciptakan basis persaingan dan pertumbuhan baru.”

Technology Vision mengidentifikasi lima tren utama yang harus dipertimbangkan oleh perusahaan-perusahaan selama tiga tahun ke depan untuk meredakan bentrokan teknologi dan mewujudkan bentuk-bentuk nilai bisnis baru yang sebagian didorong oleh hubungan yang kuat dan saling percaya dengan para pemangku kepentingan:

1. Pentingnya Personalisasi Pengalaman.

Organisasi-organisasi perlu merancang personalisasi pengalaman yang memperkuat kegiatan dan pilihan seseorang. Hal ini dapat mengubah para pengguna yang pasif menjadi aktif dengan transformasi pengalaman-pengalaman satu arah, yang dapat membuat orang merasa tidak memiliki kendali atas pilihan yang ada dan tidak terlibat menjadi sebuah kolaborasi yang sebenarnya. Lima dari enam eksekutif bisnis dan TI yang disurvei (85%), di Indonesia (92%), percaya bahwa kesuksesan persaingan dalam dekade baru ini menuntut organisasi-organisasi untuk meningkatkan hubungannya dengan para pelanggan, menjadikan mereka sebagai mitra.

 

2. AI dan Saya.

Kecerdasan Buatan (AI) harus memberikan kontribusi pada cara manusia melakukan pekerjaan mereka, bukan hanya menjadi pendukung otomatisasi. Sejalan dengan tumbuhnya kemampuan AI, perusahaan-perusahaan harus memikirkan kembali pekerjaan yang mereka lakukan untuk menjadikan AI sebagai bagian generatif dari proses kerja tersebut, dengan kepercayaan dan transparansi sebagai intinya. Saat ini, hanya 37% organisasi, 47% di Indonesia, yang melaporkan penggunaan desain inklusif atau prinsip desain yang berpusat pada manusia untuk mendukung kolaborasi antara manusia dan mesin.

3. Dilema Kecerdasan.

Asumsi-asumsi tentang siapa yang merupakan pemilik dari suatu produk sedang ditantang di dunia yang memasuki situasi “stagnan dalam tahap beta.” Sewaktu perusahaan-perusahaan berusaha memperkenalkan generasi produk baru yang digerakkan oleh pengalaman digital, penanganan untuk hal baru ini menjadi sangat penting dalam mendukung kesuksesan. Hampir tiga perempat (74%) eksekutif, sedang di Indonesia 82%, melaporkan bahwa produk dan layanan yang terhubung dengan organisasi mereka akan memiliki pembaharuan dalam jumlah yang lebih banyak atau jauh lebih banyak selama tiga tahun ke depan.

4. Robot di Alam Terbuka.

Robotika tidak lagi terkurung di dalam gudang atau pabrik. Dengan 5G yang siap untuk secara signifikan mempercepat pertumbuhan tren, setiap perusahaan harus memikirkan kembali masa depannya melalui lensa robotika. Pandangan eksekutif tentang bagaimana karyawan mereka akan merangkul robotika terpecah: 45% mengatakan bahwa karyawan mereka akan merasa tertantang dalam mencari cara untuk bekerja sama dengan robot, sementara 55% meyakini bahwa karyawan mereka akan dengan mudah menemukan cara untuk bekerja sama dengan robot. Di Indonesia berbeda, karena (82%) yakin bahwa industri mereka membutuhkan robot di alam terbuka.

5. DNA Inovasi.

Perusahaan-perusahaan memiliki akses ke sejumlah besar teknologi disruptif yang belum pernah ada sebelumnya, seperti buku besar terdistribusi (distributed ledger), AI, extended reality, dan komputasi kuantum. Untuk mengelola semuanya, organisasi-organisasi perlu membuat DNA inovasi unik mereka sendiri sambil berkembang dengan kecepatan yang dituntut oleh pasar saat ini. Tiga perempat (76%), di Indonesia 83%, eksekutif percaya bahwa kebutuhan untuk inovasi belum pernah setinggi ini. Oleh karena itu, untuk melakukannya dengan “benar”, dibutuhkan cara-cara baru untuk berinovasi dengan mitra ekosistem dan organisasi dari pihak ketiga.

Disrupsi (disrupter) telah mampu untuk mengatasi kesenjangan antara harapan manusia dan standar yang ada saat ini. Sebagai contoh, perusahaan startup Inrupt sedang mengerjakan arsitektur penghubung data yang disebut Solid, yang dirancang untuk memberikan kendali yang lebih besar kepada manusia atas informasi pribadi mereka dengan memungkinkan mereka untuk menyimpan dan menggunakan data mereka di seluruh web melalui beberapa “pod”. Manusia dapat memutuskan di mana pod mereka akan di-host dan menentukan perusahaan atau mesin mana yang dapat mengaksesnya serta mencabut atau menghapus informasi mereka kapan saja. Semua ini dirancang untuk mengatalisasi visi awal Tim Berners-Lee, salah satu pendiri Inrupt, untuk memiliki web yang berisi peluang bagi semua orang. Inilah salah satu jenis pendekatan yang berpusat pada manusia yang akan menentukan siapa yang akan menjadi organisasi terkemuka di masa depan.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks