Bisnis

AirAsia Serius Menjadi Pesaing Gojek Dan Grab Dengan Luncurkan Layanan Transportasi Online

Layanan baru AirAsia, AirAsia Ride

ACN Media – AirAsia masuk dalam persaingan bisnis transportasi online (ride hailing) dengan meluncurkan AirAsia Ride. Dengan diluncurkannya meluncurkan bisnis barunya, maka maskapai penerbangan tersebut akan berhadapan langsung dengan Gojek dan Grab yang sudah lebih dulu menjadi pemain bisnis tersebut.

Baca juga: BRI Ventures Gandeng Sekolah Bisnis dan Manajemen ITB Luncurkan Program Mata Kuliah Modal Ventura

Pada tahap awal layanan ini baru akan ada di Malaysia, mulai dari Kuala Lumpur dan beberapa daerah lainnya. CEO AirAsia Ride Malaysia, Lim Chiew Shan, mengatakan layanannya menawarkan tarif rata-rata 1 Ringgit Malaysia per km atau sekitar Rp 3.458/km.

CEO AirAsia, Tony Fernandes mengatakan pihaknya berencana untuk meluncurkan layanan AirAsia Ride di negara-negara ASEAN lainnya. Beberapa negara incarannya adalah Thailand, Filipina, Singapura, dan tidak ketinggalan Indonesia.

Untuk menikmati layanan AirAsia Ride, calon penumpang dapat memesan melalui aplikasi AirAsia SupperApp yang dapat diunduh di Google Play Store, App Store, atau App Gallery. Saat  membuka aplikasi, calon penumpang akan menemui opsi “Ride” yang muncul pada halaman utama. Pada opsi tersebut, calon penumpang dapat memilih jenis kendaraan yang diinginkan.

Sama seperti layanan ride-hailing umumnya, para pengemudi AirAsia Ride juga diizinkan untuk menerima jasa antar barang, seperti parsel atau makanan untuk meningkatkan pendapatan mereka. Penumpang juga dimungkinkan untuk memanfaatkan poin sebagai metode pembayaran atau potongan harga (diskon).

AirAsia memang tengah berekspansi ke layanan ride-hailing di wilayah Asia Tenggara, setelah sebelumnya mengakuisisi operasi bisnis Gojek Thailand senilai  US$ 50 juta dollar AS pada Juli 2021 lalu. Dari transaksi tersebut, Gojek mendapatkan 4,76% saham AirAsia SuperApp.

Baca juga: Valuasi Mencapai Rp 24,75 Triliun, OnlinePajak Jadi Unicorn Indonesia Ketujuh 

Tony Fernandes berharap pengguna membuka aplikasi AirAsia setiap hari karena banyak layanan yang bisa digunakan. “Semuanya terhubung, kami memanfaatkan pengalaman kami selama 19 tahun, jadi Anda akan mulai melihat bahwa ini adalah ekosistem yang dipikirkan dengan matang yang saya yakini akan mengubah banyak hal di ASEAN melalui inklusivitas dan nilai. Doakan kami beruntung, dan coba naik AirAsia,” ujar Tony.

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks