Bisnis

Alibaba Akan Investasi Ke Grab Sebesar US$ 3 Miliar

ACN Media – Alibaba Group Dikabarkan sedang dalam pembicaraan untuk berivestasi ke Grab. Dana yang akan dikucurkan pada raksasa ride hailing tersebut bukan nilai kecil, yaitu sebesar US$ 3 miliar atau sekitar Rp. 44 triliun.

Kabar ini pertama kali dihembuskan oleh Bloomberg News, menurut salah satu sumber, raksasa e-commerce China itu akan menjadi investor tunggal dalam putaran pendanaan tersebut. Di mana sebagian dana investasinya akan digunakan untuk mengakuisisi sebagian saham Grab yang dipegang oleh Uber Technologies Inc.

Baca juga: Dikabarkan Raih Pendanaan US$ 200 Juta Grab Jadi Startup Teknologi Bernilai Tinggi Di Asia Tenggara

Jika benar terjadi, pendanaan ini akan membantu Grab untuk bertahan menghadapi situasi sulit akibat pandemi COVID-19. CEO Grab, Anthony Tan bahkan menyebut kondisi saat ini sebagai ‘krisis terbesar’ yang pernah dihadapi perusahaannya.

Untuk Alibaba kesepakatan ini diperkirakan akan menjadi salah satu yang terbesar di Asia Tenggara, sejak investasi pertamanya di Lazada pada 2016. Alibaba juga berpotensi memiliki akses ke jutaan data pengguna di delapan negara Asia Tenggara, termasuk memanfaatkan produk layanan finansial dan dompet digital yang telah dikembangkan oleh Grab.

Baca Juga :  Gojek dan Tokopedia Terus Menjajaki Berbagai Opsi Untuk Merger

Baca juga: HiPajak Ungguli Kontestan Dari Berbagai Negara Pada Program Alibaba Global E-Commerce Talent Challenge 2020

Alibaba sendiri menjadi perusahaan yang terbilang aktif melakukan investasi, pada Januari lalu perusahaan yang didirikan Jack Ma ini dikabarkan menjadi salah satu investor untuk putaran pendanaan terakhir Tokopedia senilai US$ 1,5 miliar.

Pendanaan yang dilakukannya bersama perusahaan Jepang, SoftBank dan perusahaan BUMN  Singapura, Temasek, berpotensi membuat Tokopedia menjadi unicorn terbesar kedua di Indonesia setelah Gojek.

Pada 2017, TechCrunch melaporkan Alibaba bersama dengan perusahaan terafiliasinya Ant Financial berniat berinvestasi dengan Gojek namun tak menemui kata sepakat.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks