Startup

Amartha Angkat Eks Menteri Komunikasi Dan Informatika Sebagai Komisaris Utama

Rudiantara

ACN Media – Startup fintech (financial technology) Amartha menunjuk eks Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara sebagi komisaris utama. Penunjukan Rudiantara  sebagai komisaris utama dimulai  sejak 1 Juli 2021 lalu.

Baca juga: Sayurbox Perkenalkan 3 Fitur Baru Untuk Tingkatkan Pelayanan Kepada Konsumen

Amartha merupakan perusahaan teknologi finansial yang menyalurkan permodalan usaha untuk perempuan pengusaha mikro di desa dengan nilai pinjaman rata-rata Rp 3,6 juta.

Adapun model bisnis Amartha dengan sistem online ke offline untuk dapat memastikan permodalan yang disalurkan tepat guna dan dengan memberikan pendampingan dan pelatihan untuk mempercepat transformasi digital di pedesaan.

Rudiantara dalam keterangan pers yang diterbitkan Amartha mengatakan merasa terhormat dapat bersama-sama dengan Amartha mengakselerasi layanan keuangan untuk unserved (masyarakat yang tidak terlayani) dan underserved (masyarakat yang memiliki akses tapi hanya mempunyai pilihan terbatas).

“Dalam upaya mengakselerasi digitalisasi UMKM di Indonesia tidak ada jalan lain selain harus mendorong kebijakan keberpihakan dengan menjadikan UMKM sebagai subyek. Dimana UMKM senantiasa diberi kesempatan, diberi nilai tambah secara ekonomi dan sosial untuk lebih maju dan sejahtera. Tidak hanya sebagai objek, dimana UMKM hanya sebagai konsumen atau penerima layanan saja. Sehingga harapannya teknologi dapat dimanfaatkan UMKM, termasuk fintech sebagai enabler,” paparnya dalam keterangan tertulis, pada Senin (19/7/2021).

Selama pandemi COVID-19, Amartha terus menyalurkan permodalan kepada pelaku usaha mikro guna mendorong pertumbuhan ekonomi di desa. Secara year on year (yoy) pendanaan Amartha hingga Juni 2021 telah tumbuh mencapai 35%. Permodalan usaha senilai Rp 870 Miliar telah disalurkan untuk memberdayakan 203,165 Mitra di Jawa, Sumatera dan Sulawesi. Selain itu, menjaga angka non performing loan (NPL) di 0,2%.

Andi Taufan Garuda Putra, Founder and CEO Amartha menilai, pengalaman matang dari Rudiantara di bidang teknologi dapat memberikan kontribusi kepada Amartha dalam mempercepat digitalisasi UKM informal di Indonesia.

Salah satu pencapaian penting dari Rudiantara ialah membangun kebijakan-kebijakan dalam membangun infrastruktur digital di wilayah remote untuk mendukung UMKM.

Baca juga: Xurya Startup Bidang Penyedia Listrik Dapatkan Pendanaan Dari Schneider Electric

“Amartha optimis kehadiran beliau akan memberikan wawasan dan kebijaksanaan dalam membangun kepemimpinan dan kemitraan dengan para pemangku kepentingan perusahaan,” tutur Taufan.

About the author

Eric Kaeng

Founder and CEO of @asemcreativenetwork dan acnmedia.id, explore the latest tech, startups and business in South East Asia.

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks