Startup

Amartha Dapatkan Pendanaan US$ 50 Juta Dari Lendable Inc

Founder & CEO Amartha, Andi Taufan Garuda Putra

ACN Media – Amartha, startup fintech peer to peer lending (p2p lending) mendapatkan pendanaan senilai US$ 50 juta atau sekitar Rp 696 Miliar dari Lendable Inc, perusahaan berbasis di Amerika Serikat yang menyalurkan permodalan kepada fintech untuk memberikan akses keuangan guna meningkatkan inklusi keuangan di seluruh dunia.

Baca juga: Warung Pintar Akuisisi Bizzy Digital

Pendanaan ini membuat Amartha menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerima dana 2X Challenge sekaligus menandai kerjasama strategis antara Amartha dan Lendable Inc untuk mengembangkan atau memulai usaha dan mendorong pemulihan perekonomian pasca pandemi kepada perempuan pengusaha mikro di pedesaan.

Andi Taufan Garuda Putra, founder dan CEO Amartha menjelaskan, perempuan adalah penggerak ekonomi mikro yang memiliki peran sangat penting dalam membantu pemulihan ekonomi nasional. Dengan memberikan akses permodalan dan pendidikan kewirausahaan kepada perempuan, mitra Amartha dapat meningkatkan pendapatan 2 hingga 7 kali lipat dalam setahun.

Segmen perempuan pengusaha mikro yang tidak memiliki akses ke perbankan dan lembaga keuangan di Indonesia diperkirakan mencapai lebih dari 22 juta jiwa. Melalui teknologi yang diintegrasikan dengan edukasi adopsi digital, Amartha mampu menjangkau segmen perempuan di pedesaan yang tidak terjangkau (unbanked) dan kurang terlayani perbankan (underserved).

Hal ini merupakan kekuatan sekaligus daya tarik Amartha untuk dijadikan mitra perbankan nasional dan daerah serta lembaga keuangan lainnya untuk dapat berkolaborasi mendorong inklusi keuangan dengan menyalurkan pembiayaan ke segmen tersebut.

Chief Investment Officer Lendable, Hani Ibrahim mengatakan Gender Lens Investing (pendanaan berbasis kesetaraan gender) merupakan tujuan pembangunan penting di pasar negara berkembang.

“Kami bangga dengan energi dan dedikasi yang telah dituangkan tim Amartha untuk mempromosikan inklusi keuangan bagi pengusaha mikro perempuan di pedesaan Indonesia”, ujar Hani.

Baca juga: Startup P2P ErudiFi Mendapat Pendanaan Seri B US$ 5 Juta Dari Monk’s Hill Ventures dan Qualgro

Hingga saat ini Amartha telah menyalurkan pendanaan Rp 3,13 Triliun kepada 606,795 perempuan pengusaha mikro. Amartha juga terus mengembangkan layanan teknologi keuangan yang dibarengi dengan strategi adaptasi digital kepada segmen UMK di desa untuk meningkatkan pendapatan, mengurangi pengeluaran, proteksi dan investasi.

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks