Gaming

Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia Berupaya Dorong Pertumbuhan Industri Esport Dalam Negeri

ACN Media – Pandemi Covid-19 membuat banyak orang hards beraktifitas di rumah, hal ini menyebabkan banyak orang memiliki banyak waktu luang yang bisa dimanfaatkan. Salah satu cara yang dimanfaatkan untuk mengisi waktu luang adalah bermain game di ponsel pintar, salah satu game populer yang banyak digandrungi di Indonesia adalah Mobile Legend.

Game Mobile Legend di Indonesia telah diunduh hingga 20 juta kali, jumlah ini merupakan 80 persen dari jumlah seluruh pengunduh game ini di seluruh dunia.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Olahraga Video Games Indonesia (AVGI,) Angki Trijaka, mengatakan AVGI berupaya mengembangkan eSports di Indonesia untuk mendorong pertumbuhan industri video game dalam negeri. AVGI ingin agar antusiasme ini dapat bermafaat untuk mendatangkan devisa bagi negara.

Baca Juga :  Turnamen ESL One Cologne 2020 Digelar Online

Oleh sebab itu, ia berharap agar Indonesia tak sekadar menjadi pasar video game, tapi juga pemain dalam industri tersebut. Menurutnya, demografi penduduk mampu mendukung pengembangan industri game lokal.

Angki mencontohkan beberapa negara maju yang sudah melirik industri game. Misalnya Tiongkok, Korea Selatan dan Jepang yang menjadikan industri tersebut menjadi nilai tambah untuk produk domestik bruto (PDB).

Lebih jauh, Angki menyebut langkah awal yang bisa dilakukan Indonesia adalah dengan revisi UU nomor 3 tahun 2015 tentang Sistem Keolahragaan Nasional (SKN) untuk memasukkan eSports ke dalam kategori olahraga. Ia yakin eSport mampu berkembang di negeri ini. “eSports akan terus berkembang dan terus menanjak di Indonesia. Kita berada di titik mula,” tutupnya.

Baca Juga :  Genshin Impact Game Android Terbaik 2020
Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks