Startup

AwanTunai Dapatkan Pendanaan US$ 11.2 Juta Dari BRI Ventures dan OCBC NISP Ventura

Ki-ka: Rama Notowidigdo, Windy Natriavi, dan Dino Setiawan.

ACN Media – AwanTunai, perusahaan bidang fintech (financial technology) memperoleh pendanaan Seri A2 senilai US$ 11,2 juta dari BRI Ventures dan OCBC NISP Ventura, turut serta partisipasi investor sebelumnya, antara lain Insignia Ventures dan Global Brains.

Baca juga: Dekoruma Kumpulkan US$ 15 Juta Pada Putaran Pendanaan Seri C1 Yang Dipimpin Oleh Nexter Ventures

Selain itu Accial Capital, dan Bank OCBC NISP juga telah menyalurkan fasilitas pinjaman senilai lebih dari US$ 45 juta untuk mendukung bisnis fintech AwanTunai di Indonesia.

Dana segar ini akan digunakan untuk membiayai ekspansi dalam negeri AwanTunai, yang bertujuan untuk meneruskan komitmen mereka dalam memajukan dan memberdayakan UMKM mikro Indonesia dengan menyediakan akses terjangkau dan cepat terhadap pembiayaan.

Dino Setiawan, CEO AwanTunai mengatakan, “AwanTunai sedang membangun infrastruktur data untuk digitalisasi transaksi pembelian persediaan offline. Data tersebut efektif untuk manajemen risiko kredit dan membuka kesempatan bagi UMKM mikro yang sebelumnya minim akses agar dapat mengakses modal kerja yang berasal dari institusi perbankan mitra kami,”

Sementara itu, Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures mengungkapkan alasan investasi mereka, “AwanTunai memiliki profil pelanggan yang serupa dengan Bank BRI. Dengan memberdayakan pedagang mikro, yang merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia, AwanTunai telah membantu usaha kecil mempertahankan dan mengembangkan usaha mereka dalam masa-masa yang sulit ini.

Selain menyediakan layanan digitalisasi pemesanan persediaan pembayaran dan manajemen konsumen untuk pedagang grosir dan eceran tradisional, AwanTunai juga menyediakan pembiayaan pembelian persediaan kepada supplier fast moving consumer goods (FMCG) dan pedagang mikro bahan pangan sehari-hari.

Hingga bulan Juni 2021, AwanTunai telah bekerja sama dengan lebih dari 160 mitra supplier untuk membantu pedagang grosir tradisional melakukan digitalisasi dan pembiayaan usaha mereka, serta menyediakan pembiayaan pembelian persediaan dan pemesanan online terintegrasi bagi konsumen warung UMKM mikro melalui aplikasi mobile AwanToko.

Baca juga: Mindtera Startup Platform Pengembangan Diri Mendapatkan Pendanaan Yang Dipimpin Oleh East Ventures

AwanTunai telah melayani lebih dari 8.000 pedagang mikro sebagai pengguna, dengan peningkatan jumlah pengguna yang berasal dari kota tier 2 dan 3 di Indonesia.

Enable Notifications    OK No thanks