Startup

Ayoconnect Kumpulkan Pendanaan Seri B Sebesar US$ 10 Juta Dari Mandiri Capital Dan Sejumlah Investor Strategis

Ki-ka: Adi Vora (CTO), Jakob Rost (CEO), Chiragh Kirpalani (COO)

ACN Media – Ayoconnect, perusahaan Application Programming Interface (API) yang berbasis di Indonesia, menghimpun putaran pendanaan Pra-Seri B sebesar US$ 10 juta atau sekitar Rp 143 miliar dari sejumlah investor strategis.

Baca juga: AwanTunai Dapatkan Pendanaan US$ 11.2 Juta Dari BRI Ventures dan OCBC NISP Ventura

Investor yang terlibat dalam pendanaan ini adalah PT Mandiri Capital Indonesia dan Patamar Capital.Beberapa tokoh penting yang juga bergabung sebagai investor individu Ayoconnect adalah Ilham Akbar Habibie, Paul Bernard (eks-Goldman Sachs), Jeff Lin (iGlobe Partners), dan beberapa petinggi dari institusi keuangan terdepan.

Pendanaan tersebut akan digunakan untuk mendukung pertumbuhan perusahaan, perekrutan, serta pengembangan produk Ayoconnect.

CEO Ayoconnect, Jakob Rost dalam keterangan tertulisnya mengatakan, ‚ÄúPengembangan produk ini terkait pembentukan ekonomi API di Indonesia yang terdiri dari solusi API full stack (financial APIs, bill APIs, open finance APIs, dan insights APIs),”

API merupakan software perantara yang memungkinkan beberapa aplikasi atau institusi untuk terhubung dan berbicara satu sama lain. Dalam hal ini, Ayoconnect menghubungkan informasi finansial dari sejumlah titik pengumpulan data, sehingga mitranya dapat fokus melayani konsumen sekaligus menghadirkan layanan yang inklusif bagi jutaan warga Indonesia.

Proses yang dilakukan Ayoconnect memiliki peran penting dalam mendorong perluasan akses terhadap berbagai produk keuangan di Indonesia di mana tingkat populasi unbanked dan underbanked masih relatif tinggi, terutama di wilayah non perkotaan.

Saat ini Ayoconnect berkembang pesat menjadi penyedia API finansial lengkap dengan fokus menyediakan API Data Keuangan dan solusi open finance. Ayoconnect menempatkan diri sebagai perusahaan serba ada untuk solusi finansial perusahaan perbankan, institusi keuangan, dompet digital, bahkan e-commerce yang ingin mendorong pertumbuhan layanan keuangan terintegrasi mereka lewat solusi siap pakai.

Ayoconnect didirikan oleh Jakob bersama Chiragh Kirpalani (Co-Founder dan COO) dan Adi Vora (Co-Founder dan CTO) dengan fokus membangun solusi berbasis API untuk pembayaran tagihan dan produk digital lainnya.

CEO Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro melihat kemitraan ini sebagai kerja sama yang saling menguntungkan dalam sektor open finance dan open banking di Indonesia.
Partner Patamar Capital, Dondi Hananto juga antusias terhadap kerja sama yang bertujuan untuk membangun ekosistem API di Indonesia bersama Ayoconnect.

Kehadiran Ayoconnect membuat mitra mereka beroperasi secara cepat dan efisien. Saat ini, Ayoconnect telah memiliki lebih dari 100 klien API seperti BRI, Bank Mandiri, DANA, Indomaret, Bukalapak, Home Credit, dan Pegadaian, sekaligus menghubungkan lebih dari 1.000 perusahaan lewat jaringan API yang dimiliki Ayoconnect.

Baca juga: Dekoruma Kumpulkan US$ 15 Juta Pada Putaran Pendanaan Seri C1 Yang Dipimpin Oleh Nexter Ventures

CEO Mandiri Capital Indonesia, Eddi Danusaputro melihat kemitraan ini sebagai kerja sama yang saling menguntungkan dalam sektor open finance dan open banking di Indonesia.
Partner Patamar Capital, Dondi Hananto juga antusias terhadap kerja sama yang bertujuan untuk membangun ekosistem API di Indonesia bersama Ayoconnect.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks