Bisnis

BEI Siap Sambut Unicorn Indonesia Yang Akan IPO di Tahun 2021

Bursa Efek Indonesia

ACN Media – Bursa Efek Indonesia (BEI) saat ini sedang intensif berkomunikasi mengenai peluang pendanaan melalui Pasar Modal Indonesia dengan beberapa perusahaan Unicorn di Indonesia.

Baca juga: Traveloka Dikabarkan Tunjuk JP Morgan Untuk Membantu IPO di AS

Salah satu perusahaan unicorn Indonesia bahkan dikabarkan siap melakukan penawaran saham perdana atau Initial Public Offering (IPO) di BEI. 

Direktur Penilaian Perusahaan BEI, I Gede Nyoman Yetna mengatakan, BEI saat ini sedang intensif berkomunikasi mengenai peluang pendanaan melalui Pasar Modal Indonesia dengan beberapa perusahaan Unicorn di Indonesia. 

Dalam menyambut perusahaan Unicorn agar dapat mencatatkan sahamnya di BEI, BEI telah mengambil langkah terhadap perubahan dan kebutuhan pasar dan telah mempertimbangkan hasil benchmarking ke bursa-bursa global, diantaranya pertama, melakukan penyesuaian Peraturan I-A yang saat ini sedang dalam tahap rule making rule. 

Pertama, bursa menyiapkan beberapa alternatif persyaratan pencatatan sehingga dapat mengkomodasi berbagai karakteristik perusahaan, termasuk namun tidak terbatas kepada perusahaan unicorn di Indonesia. 

Kedua, bursa juga telah mengimplementasikan sektoral baru untuk Perusahaan Tercatat yaitu IDX-IC, pada tanggal 25 Januari 2021. Dimana dengan IDX-IC tersebut akan lebih mencerminkan sektoral dari Perusahaan Terrcatat sehingga mereka dapat lebih diperbandingkan dengan perusahaan tercatat lainnya di BEI dan juga dengan perusahaan tercatat di Bursa global lainnya. 

Ketiga, bursa sudah melakukan kajian hukum dan berdiskusi dengan otoritas dan stakeholder terkait potensi penerapan Dual Class Shares dengan skema Multiple Voting Shares di Indonesia. 

“Semoga dengan beberapa usaha dan kebijakan yang dilakukan oleh BEI bersama dengan para stakeholder, dapat menarik minat banyak perusahaan di Indonesia termasuk unicorn untuk dapat memanfaatkan pendanaan di pasar modal Indonesia sebagai “house of growth” ke depan,” ujar Gede. 

Baca juga: East Ventures Rekrut Pendiri Pavilion Capital Sebagai Venture Partner

Dilansir berbagai sumber, adapun kelima unicorn Indonesia yang dikabarkan siap melakukan IPO di 2021 yaitu Gojek, Bukalapak, OVO, Traveloka, dan Tokopedia.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks