Startup

Cari Tahu Apa Pertimbangan Investor Sebelum Berinvestasi Di Startup

ACN Media, Jakarta – Dalam beberapa tahun terakhir startup Indonesia mendapat banyak investasi. Beberapa data dari Google, Temasek dan Bain Company menunjukkan, pendanaan yang diperoleh startup Tanah Air mencapai US$ 1,8 miliar atau Rp 23,8 triliun per Semester I 2019. 

Investor saat memberikan pendanaan melakukan riset dan pertimbangan sebelum berinvestasi sehingga dibutuhkan persiapan yang matang bagi startup sebelum memutuskan berhadapan dengan investor.

Managing Partner Kejora Ventures Eri Reksoprodjo mengatakan, pertama, dirinya akan meninjau filososi para pendiri startup dalam mendirikan usaha. Setelah itu, ia mengkaji latar belakang pendiri. “Misalnya, teknologi finansial (fintech). Punya tidak latar belakang di bidang layanan keuangan,” kata Eri.

Partner Venturra Capital, Raditya Pramana sepakat bahwa investor mempertimbangkan latar belakang para pendiri startup sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

“Kami pelajari mendalam dan akan menelaah model bisnis startup tersebut”, lanjut Radit. Perusahaan yang diincar yakni yang berpotensi memiliki beragam layanan. “Expand business ini sangat penting,” kata dia.

Sebagian besar investor akan memulai penilaian dengan siapa pasar yang menjadi target startup yang akan diberi pendanaan, seberapa besar peluangnya untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang dihasilkan oleh startup tersebut, tidak hanya untuk saat ini, tapi juga di masa depan.

Baca Juga :  Soul Parkir Startup Manajemen Parkir Raih Pendanaan Awal Dari AC Ventures Dan Agaeti

Selanjutnya yang dilihat oleh investor adalah seberapa kuat tim yang  menjalankan startup tersebut. Apa saja keahlian yang dimiliki tiap anggota dan bagaimana relevansinya dengan kebutuhan startup dan apakah mereka memiliki chemistry yang kuat dengan sesama anggota tim.

investor juga  mengkaji apakah para pendiri startup itu memiliki pemahaman yang baik mengenai tata kelola perusahaan. Kalau tidak punya pemahaman, tentu usahanya tidak akan berjalan dengan baik.

Sangat penting untuk membuang jauh keraguan investor untuk berinvestasi. Perlu dipastikan pasar yang sudah mulai tertarik menggunakan produk atau jasa yang yang sudah ditawarkan. Gunakan juga angka dan data yang ‘real’ untuk mendukung klaim yang diajukan. Hal ini akan memberikan poin tambahan daripada hanya memberi gambaran saja.

Proses pencarian modal dan investor mungkin memakan pikiran dan tenaga, tapi persiapan yang baik akan menarik perhatian investor yang sudah diincar.

Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :  GoPlay Mengumumkan Penutupan Putaran Pendanaan Perdana

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks