Entrepreneur

COO Tokopedia Meraih Penghargaan Powering Asia Future

ACN Media, Jakarta – Michael Page, perusahaan perekrutan eksekutif berkantor pusat di Inggris Raya, baru-baru ini meluncurkan kampanye bertajuk Powering Asia’s Future sebagai ajang apresiasi dan penghargaan atas dedikasi dan keunggulan kinerja sejumlah pimpinan di berbagai dunia usaha di Asia.

Kami memahami bahwa Asia memiliki potensi yang sangat besar dengan iklim dunia usaha yang senantiasa berkembang yang tentu saja berkontribusi bagi pertumbuhan bisnis dari berbagai sektor industri di tingkat global,” kata Olly Riches, Presiden Direktur Michael Page Indonesia yang disampaikan dalam rilis yang diterima redaksi.

Dalam ajang tersebut Chief Operating Officer (COO) Tokopedia, Melissa Juminto terpilih dalam Powering Asia’s Future karena dinilai sukses mengelola market place berbasis online Tokopedia di tengah iklim dunia usaha yang semakin kompetitif saat ini.

Melalui kampanye Powering Asia’s Future, kami berusaha mempelajari lebih mendalam tentang pendekatan inovatif yang mereka ciptakan dalam mengarahkan pertumbuhan perusahaan masing-masing, dan di sisi lain tetap mampu memperlihatkan model-model kepemimpinan yang berbeda di setiap sektor usaha,” lanjutnya.

Berawal dari bisnis keluarga, Tokopedia kini berkembang menjadi perusahaan dengan status Unicorn, yang melibatkan 4.300 pegawai di seluruh Indonesia. “Kami memilih Melissa Juminto karena berkat gaya kepemimpinannya yang juga diwarnai dengan semangat ‘kekeluargaan’ yang kental berhasil membawa Tokopedia menjadi sebuah perusahaan yang kita kenal saat ini,” papar Olly Riches.

Melissa Juminto, satu dari sembilan orang yang menduduki posisi puncak di perusahaan dan terpilih dalam Powering Asia’s Future mengatakan, budaya ‘kekeluargaan’ di Tokopedia didukung oleh jajaran direksi dalam rangka mempertahankan dan menjaga pemahaman para pegawai mengenai misi perusahaan.

Hal itu sangat penting dan terbukti mampu membantu setiap orang dalam organisasi mencapai tingkat kematangan dan kapasitas dalam kecepatan yang sama yang diperlukan oleh organisasi untuk berkembang.

Ia menerapkan filosofi ‘Nakama’ sebuah istilah dalam bahasa Jepang, yang berarti ‘kebersamaan’, ‘persaudaraan’ – satu tim manajemen dengan misi yang sama memimpin tim mereka di Tokopedia.“Semuanya bukanlah kerja perseorangan, melainkan upaya/kerja kelompok,” tutur Melissa.

Berdasarkan data di Michael Page Indonesia, pada tahun 2019 lalu, posisi puncak yang dipimpin oleh wanita, 20% lebih banyak dibandingkan tahun 2018. 

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks