Startup

Dapatkan Pendanaan Seri A USD 35 Juta, Aruna Semakin Mantap Menjadi Solusi Dalam Meningkatkan Taraf Hidup Nelayan

Pendiri Aruna: Farid Naufal Aslam, Utari Octavianty, dan Indraka Fadhlillah

ACN Media – Startup bidang perikanan dan kelautan terkemuka di Indonesia, Aruna, mengumumkan pendanaan seri A senilai total USD 35 juta atau setara dengan 500 miliar Rupiah. Pendanaan ini dipimpin oleh Prosus Ventures dan East Ventures (Growth Fund) dengan partisipasi dengan SIG dan juga investor-investor sebelumnya, seperti AC Ventures, MDI, Vertex Ventures dan lainnya.

Pendanaan ini merupakan pendanaan seri A terbesar saat ini di Indonesia untuk sektor pertanian dan perikanan, yang semakin memperkuat kepemimpinan Aruna di sektor ini.

Didirikan pada tahun 2016 oleh Farid Naufal Aslam, Indraka Fadhlillah dan Utari Octavianty, visi Aruna adalah mentransformasi rantai pasok perikanan di Indonesia dalam memenuhi permintaan pasar global yang terus melonjak dengan inovasi teknologi. Jika awalnya industri perikanan memiliki proses yang panjang, teknologi dari Aruna menjadi solusi serba ada sekaligus menjadi agregator rantai pasok dari hulu ke hilir, sehingga prosesnya menjadi terintegrasi dan ringkas untuk para nelayan.

Dengan mengusung jargon “Laut Untuk Semua”, Aruna berkomitmen untuk meningkatkan taraf hidup komunitas nelayan lokal dan mendorong praktik perdagangan yang bertanggung jawab, yang diyakini sangat vital bagi keberlanjutan industri dalam jangka panjang. Saat ini, eksploitasi berlebihan dari laut kita telah memberikan dampak negatif bagi keanekaragaman hayati maritim, sehingga kita perlu memiliki standar operasional tegas yang dapat diikuti oleh para pihak agar tetap terjaga.

Aruna sendiri telah mengikuti standar global yang ketat dengan menampilkan informasi lengkap dari para nelayan serta memberdayakan masyarakat pesisir dengan program inklusi keuangan, karena pelaku industri perikanan tradisional masih menghadapi kemiskinan dan keterbelakangan yang signifikan.

Pendanaan ini akan digunakan Aruna untuk meningkatkan ekspansinya di lingkup Nasional dan juga memperkuat infrastruktur rantai pasoknya. Aruna juga akan melayani dan menambah pelanggan di pasar baru (new market) dengan menambah komoditas baru, serta meningkatkan kapabilitas teknologi dan data analitiknya.

Farid Naufal Aslam, CEO and Co-Founder dari Aruna mengatakan, “pendanaan ini akan membantu kami dalam meningkatkan jaringan nelayan dan penambak kami di seluruh Indonesia dalam memenuhi tingginya permintaan global. Aruna bercita-cita untuk menjadi solusi yang nyata dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir.”

Roderick Purwana, Managing Partner East Ventures menambahkan, “Sektor ini akan tumbuh pesat. Visi Aruna selaras dengan visi kami untuk membangun ekonomi perikanan dan kelautan yang berkelanjutan yang akan berdampak positif untuk waktu yang lama. Kami berharap dapat melihat lebih banyak inovasi dari tim Aruna.”

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks