Internasional

Deliveroo Segera IPO Di Bursa Saham London

ACN Media – Startup layanan antar makanan Deliveroo dikabarkan segera melantai di bursa London. Rencana initial public offering (IPO) perusahaan yang berbasis di Inggris ini akan menggunakan struktur saham kelas ganda.

Baca juga: Saham Tesla Turun, Elon Musk Kehilangan Rp 386 Triliun

Deliveroo akan melepas saham dengan total nilai 50 juta poundsterling atau senilai dengan US$ 69 juta pada saat penawaran perdananya. Kabarnya, perusahaan asal Inggris ini akan melakukan IPO pada Kamis (11/3) mendatang.

Founder sekaligus Direktur Eksekutif Deliveroo Will Shu mengatakan tujuan dari IPO ini agar memberikan kesempatan untuk pelanggan turut berkontribusi terhadap perjalanan perusahaan ke depannya. Hal itu menjadi wujud apresiasi Will Shu terhadap pelanggan yang selama ini mendukung pertumbuhan Deliveroo.

Dilansir dari Reuters, saham kelas ganda akan dipakai dalam IPO Deliveroo pada tiga tahun pencatatan pertamanya. Struktur saham kelas ganda ini merupakan fitur umum dari perusahaan teknologi yang terdaftar di Amerika Serikat.

Awalnya,IPO dengan skema saham kelas ganda tersebut menyebabkan perusahaan yang telah beroperasi di 12 negara tersebut tidak bisa memenuhi syarat untuk mendaftar secara “premium” sehingga tidak bergabung di indeks STFE utama.

Namun, peninjauan telah dilakukan terhadap Deliveroo oleh utusan Menteri Keuangan Inggris, Rishi Sunak. Hasilnya, Inggris memberi isyarat bahwa minggu ini, Deliveroo memenuhi syarat pendaftaran secara premium meskipun menggunakan struktur kelas ganda.

Pada penawaran perdana ini, setiap pelanggan diberi kuota pembelian hingga 1000 poundsterling saham. Hanya saja, pelanggan setia akan dijadikan prioritas jika saja terjadi kelebihan permintaan.

Sebagai info, valuasi pada IPO Deliveroo ini mencapai US$ 7 miliar. Angka tersebut merupakan penawaran terbesar saham perdana di bursa Inggris dalam tiga tahun terakhir.

Baca juga: Manabie Startup Edutech Terima Pendanaan US$ 3 Juta, Salah Satu Investornya Keisuke Honda

Dalam IPO, Deliveroo akan dibantu Bank of America, Citi, Jefferies, dan Numis, serta menggandeng Goldman Sachs dan JP Morgan untuk memimpin kesepakatan.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks