Startup

Dr. Tania Aplikasi Dengan Kecerdasan Buatan Untuk Membantu Petani

Aplikasi Dr. Tania

ACN Media, JakartaEmpat Alumnus Institut Teknologi Bandung, yaitu Febi Agil Ifdillah (TI), Naufalino Fadel (teknik elektro), Pebriani Artha (TI) dan Lintang Kusuma (teknik pertanian), mengembangkan aplikasi Dr. Tania (PT Neura Cipta Nusantara/Neurafarm), aplikasi dengan kecerdasan buatan (AI) untuk membantu petani. Para petani bisa bertanya mengenai penyakit tanaman dan cara menanganinya. Pengguna aplikasi Dr. Tania dapat menggunakan fasilitas ini dengan gratis.

Aplikasi ini memiliki katalog berisi 1600 jenis penyakit tanaman dan diprogram untuk membantu petani menganalisis penyakit tanaman lewat foto.

Dr. Tania merupakan modul dari sistem manajemen pertanian. targetnya adalah kalangan petani urban, kelompok tani dalam naungan lembaga swadaya masyarakat dan industri pertanian.

Hingga saat ini aplikasi Dr. tania telah menghimpun lebih dari 30.000 data dan foto penyakit tanaman. Meski demikian, Dr. Tania belum bisa menjawab langsung semua jenis penyakit yang ditanyakan. Menurut Febi, aplikasi ini dapat menjawab 13 jenis penyakit di 15 komoditas pertanian, antara lain sayuran, buah, padi dan jagung.

Baca Juga :  Akseleran Mengumumkan Berhasil Meraih Pendanaan Seri A Senilai US$ 8,55 Juta

“Tim kami terus mengasah kemampuan robot agar makin tangkasā€¯ ujar Febi.

Selanjutnya yang akan dikembangkan dari aplikasi ini adalah menambah jumlah foto yang dikirim sebagai syarat identifikasi. Penambahan data lainnya seperti iklim dan suhu di lokasi pertanian agar membantu aplikasi Dr. Tania menjadi lebih akurat.

Hingga saat ini Dr. Tania sudah diunduh sekitar 7000 pengguna dengan pemakai harian mencapai 60 orang. Adapun setiap hari ada 20 pertanyaan yang masuk.

Aplikasi ini dimulai pada tahun 2017 dengan modal awal USD 50 ribu atau sekitar Rp 699 juta.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks