Bisnis

Emtek Suntikan Dana USD 375 Juta Ke Grab Indonesia

ACN Media – PT Elang Mahkota Teknologi Tbk atau Emtek Group telah menyuntikkan dana investasi sebesar USD 375 juta atau setara Rp 5,43 triliun (kurs Rp14.480 per dolar AS) kepada PT Grab Teknologi Indonesia.

Baca juga: Valuasi Mencapai Rp 24,75 Triliun, OnlinePajak Jadi Unicorn Indonesia Ketujuh 

Adapun, suntikan tersebut membuka peluang kerja sama lebih besar bagi Grab terhadap PT Bukalapak Tbk karena Emtek merupakan salah satu pemegang saham terbesar di perusahaan e-commerce tersebut.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi, mengonfirmasi investasi tersebut. Neneng mengatakan, perusahaan bisa memanfaatkan jaringan media yang luas dari Emtek dan jaringan e-commerce Bukalapak untuk memperdayakan pelaku UMKM agar tak hanya menjadi pelaku usaha online tetapi juga bermitra dan menyediakan layanan digital bagi para pedagang warung.

“Komitmen kami untuk Indonesia semakin dalam, dan dukungan berkelanjutan dari para pemimpin Indonesia seperti Emtek Group kepada Grab Indonesia menunjukkan kepercayaan mereka terhadap strategi dan roadmap kami di tanah air. Bersama-sama, kami berkomitmen untuk menghadirkan lebih banyak solusi digital untuk mendorong pemulihan ekonomi di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Managing Director Emtek Group Sutanto Hartono mengatakan kerja sama ini bertujuan memperluas ekosistem digitalisasi dan menciptakan banyak peluang pendapatan bagi jutaan wirausahawan di Indonesia.

Sutanto berharap kolaborasi kedua perusahaan bisa menguatkan ekosistem kelogistikan, e-commerce, layanan keuangan, telemedicine, perikanan dan media digital, serta produk digital untuk kios dan warung tradisional.

Dalam waktu dekat, Emtek dan Grab akan meluncurkan inisiatif Festival Kota Mapan untuk mendukung digitalisasi bagi UMKM. Rencananya, akan dimulai di Solo, Jawa Tengah dengan target 1.000 peserta UMKM pada September 2021.

Baca juga: Kolaborasi Startup Bantu Rumah Sakit Dalam Penanganan Pasien COVID-19

Adapun, investasi ini membuka peluang kerja sama lebih besar bagi Grab terhadap PT Bukalapak Tbk karena Emtek merupakan salah satu pemegang saham terbesar di perusahaan e-commerce tersebut.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks