Startup

Founders Bersiap, Grab Ventures Velocity Tahun Ini Akan Kembali Hadir

Country Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi

ACN Media – Grab memastikan Grab Ventures Velocity (GVV) kembali hadir di tahun ini. Meskipun tidak menjabarkan secara detail mengenai GVV batch 4.

Baca juga: Lemonilo Dapatkan Pendanaan Seri B Dari Sequoia Capital

Sejak tahun 2018, Grab konsisten mengadakan program Grab Ventures Velocity dan telah melahirkan lulusan terbaik. Grab Ventures Velocity (GVV) adalah salah satu upaya dan kontribusi yang dilakukan Grab Indonesia untuk mendukung dan mengembangkan potensi startup lokal Indonesia.

Country Managing Director, Grab Indonesia, Neneng Goenadi, mengatakan program GVV memiliki semangat dan tujuan untuk memastikan pertumbuhan ekosistem startup Indonesia dapat berjalan secara cepat dan memberikan efek positif yang maksimal.

“Target besar untuk GVV, kami ingin memastikan pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia cepat dan membantu mereka (startup) bisa seperti Grab. Ini (GVV) adalah bagian dari misi Grab for Good untuk memanfaatkan teknologi kami dalam membawa dampak positif untuk Indonesia,” ungkap Neneng.

Selain mendukung ekosistem startup, menurut Neneng, program yang telah ada sejak tahun 2018 ini juga memberikan efek positif terhadap perkembangan dan peningkatan pemasukan UMKM.

Nantinya startup yang mengikuti GVV akan diberikan beragam workshops dan mentorships dari C-level executives Grab dan para ahli dibidangnya. Dua startup lulusan terbaik GVV yaitu Printerous dan Qoala kompak mengatakan jika GVV memberikan dampak yang besar bagi perkembangan bisnis mereka.

COO of Qoala, Tommy Martin yang merupakan startup GVV batch ke-2 pada tahun 2019 lalu membeberkan, banyak ilmu yang didapatkan dari GVV bisa diimplementasikan di Qoala.

“Kita juga bisa mendengarkan secara langsung bagaimana Grab membangun bisnis mulai dari nol hingga besar. Gimana kita skill up dari 1 ke 100, marketing, human resource, dan lainnya itu merupakan pengalaman menarik,” kata Tommy.

Senada dengan Tommy, CEO Printerous Kevin Osmond menjelaskan, salah satu ilmu yang sangat bermanfaat saat GVV ialah change management. Menurutnya ilmu tersebut sangat relevan untuk diterapkan di masa pandemi seperti saat ini.

Tidak hanya itu, Kevin juga mengatakan, momen yang paling berkesan ketika mengikuti GVV adalah ketika sesi berdiskusi dengan CEO Grab Anthony Tan. Dalam sesi tersebut Kevin mengatakan dirinya bebas untuk menanyakan apapun kepada founder Grab tersebut.

Baca juga: TaniHub Menutup Pendanaan Seri B Dengan Total US$ 65,5 Juta

Neneng Goenadi mengingatkan bahwa tahun ini fokus GVV ke UMKM. “temanya nanti akan dikasih tau pada waktu launching. Kita akan segera infokan, jadi stay tuned ya,” jelas Neneng.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks