Teknologi

Good Doctor Dan GrabHealth Kolaborasi Mengadakan Rapid Tes Dan PCR Gratis

ACN Media, Jakarta — Good Doctor Tecnology Indonesia dan Grab Indonesia melalui GrabHealth berkolaborasi mengadakan rapid tes dan PCR (Polymerase Chain Reaction) secara gratis untuk mitra pengemudi Grab dan tenaga kesehatan. Grab Health juga memfasilitasi konsultasi gratis dengan dokter, layanan skrining mandiri risiko infeksi awal COVID-19 secara gratis untuk masyarakat luas melalui aplikasi.

Semua biaya untuk pengadaan peralatan dan melakukan rapid test sepenuhnya akan ditanggung oleh Good Doctor dan GrabHealth.

Menjawab instruksi Presiden Jokowi untuk meningkatkan kapasitas rapid test di seluruh Indonesia, Good Doctor dan GrabHealth memutuskan untuk memperluas dan memperbanyak program rapid test gratis untuk para tenaga medis dan mitra pengemudi Grab ke wilayah Jawa Barat, yakni Bandung, Bekasi, dan Bogor. Rapid test ini juga dilaksanakan di Tangerang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Medan, Palembang, Balikpapan, dan Makassar.

Fase pertama program ini dimulai hari ini dengan memberikan rapid test kepada 1.000 tenaga kesehatan serta mitra pengemudi dan pengantaran Grab. Bagi mereka yang mendapatkan hasil positif melalui rapid test, kemudian akan menjalani pengujian PCR untuk konfirmasi lebih lanjut.

Good Doctor dan GrabHealth menargetkan untuk memberikan rapid test Covid-19 gratis kepada 5.000 tenaga kesehatan dan mitra pengemudi Grab di total 13 kota yang tersebar di 10 provinsi hingga akhir Mei 2020. Sebelum melakukan tes, baik tenaga kesehatan dan mitra pengemudi dapat masuk ke aplikasi GrabHealth powered by Good Doctor untuk berkonsultasi dengan mitra dokter Good Doctor di jam yang telah ditentukan.

Danu Wicaksana, Managing Director Good Doctor mengatakan, “Sejak awal April, kasus positif nasional telah meningkat sebanyak 7x lipat dan dengan hampir 40% kasus positif berasal dari wilayah di luar Jakarta. Hal ini mendorong kami untuk menargetkan peningkatan kapasitas hingga 5,000 tes dan memperluas program rapid test gratis ini ke total 13 kota. 

“Program tetap berfokus pada tenaga kesehatan di garda terdepan dan juga mitra pengemudi Grab sebagai dua kelompok yang paling membutuhkan fasilitas ini. Semoga usaha ini bisa membantu percepatan penanganan Covid-19 di negara kita tercinta,” kata Danu.

Neneng Goenadi, Managing Director Grab Indonesia mengatakan, “Selama masa sulit ini, penting untuk mengandalkan bantuan dari semua pihak, dan dengan mendukung satu sama lain, kami percaya bahwa kita dapat memerangi pandemi ini bersama,”.

Good Doctor tersedia secara gratis di aplikasi Grab untuk smartphone Android dan iOS. Konsultasi kesehatan dengan dokter umum di Good Doctor tidak dikenakan biaya atau gratis, sementara konsultasi dengan dokter spesialis mulai dari Rp19.900.

Pengguna juga bisa mendapatkan produk dan alat kesehatan di Health Mall, yang telah bekerja sama dengan lebih dari 1.000 mitra apotek terpercaya. Layanan lain berupa pembuatan janji temu dokter di rumah sakit/ klinik yang bermitra juga sudah dapat diakses pengguna. Layanan Good Doctor sudah dapat diakses pengguna Grab di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Sukabumi, Semarang, Yogyakarta, Solo, Malang, Sidoarjo, Surabaya, Bali, Medan, Palembang, Balikpapan, Samarinda, dan Manado.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks