Bisnis

Grab Gandeng Yummy Corp Sebagai Penyedia Cloud Kitchen

Ilustrasi cloud kitchen

ACN Media –¬†Grab menggaet startup kuliner Yummy Corp untuk memperkuat GrabFood. Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi mengatakan, kerja sama itu berfokus pada layanan restoran berbasis komputasi awan (cloud kitchen) di Indonesia.

Baca juga: Wishnutama Kembali Menjadi Komisaris Tokopedia

“Kolaborasi ini membantu kami ekspansi bisnis kuliner secara lebih komprehensif,” kata Neneng.

Yummy Corp adalah startup layanan katering dan cloud kitchen. Pada September 2020, Yummy Corp mendapatkan investasi Seri B senilai US$ 12 juta dari Softbank. Saat ini mereka telah membuka 70 dapur bersama atau Yummykitchen, di Jakarta, Bandung dan Medan sampai tahun 2020.

Model bisnis Yummykitchen berbeda dengan konsep Dapur Bersama milik Gojek dan GrabKitchen dari Grab. Yummykitchen memposisikan diri sebagai operator penuh. Tidak hanya menyewakan dapur bersama, tetapi juga mengerjakan operasional dari berbagai pemegang merek (brand). 

Dengan menggaet Yummy Corp, Grab ingin menyediakan lebih banyak cloud kitchen di Nusantara. Hingga kini, total cloud kitchen yang dioperasikan GrabFood dan Yummy Corp lebih dari 80 tempat yang berada di tujuh kota di Tanah Air.

Melalui kerja sama ini, diharapkan dapat memadukan kemampuan analisis data milik Grab yang digabungkan dengan manajemen operasional Yummy Corp. Mitra penjual Yummy Corp juga akan terhubung ke basis pelanggan dan sistem pengantaran di Grab. Merchant dapat mengakses fitur pada platform GrabFood.

Neneng mengatakan, perusahaan mengembangkan cloud kitchen karena potensinya besar. Bisnis layanan makanan dan minumun saat ini menjadi salah satu sektor yang diincar investor karena dinilai efisien dan efektif dalam mendorong transaksi merchant, terutama ditengah pandemi Covid-19.

Baca juga: Mandiri Capital Indonesia Siapkan 100 Miliar Untuk Pendanaan Startup di 2021

Perusahaan e-commerce Shopee dan Tokopedia pun merambah bisnis pesan makanan lewat ShopeeFood dan Tokopedia Nyam.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks