Teknologi

Grab Jalin Kerjasama Dengan Startup Penerbangan Volocopter Untuk Layanan Taksi Udara

ACN Media, Jakarta — Startup penerbangan Jerman, Volocopter menjalin kerjasama dengan Grab untuk menguji coba layanan taksi terbang di Asia Tenggara.

Velocopter telah mendemonstrasikan pesawat listriknya di sebuah konfrensi teknologi di Singapura pada September 2019, lengkap dengan landasan pendaratan yang diberi nama ‘VoloPort’.

Volocopter dan Grab saat ini tengah mengevaluasi kota-kota dan rute yang paling cocok untuk taksi udara di wilayah Asia Tenggara serta perpajakan yang pas untuk layanan taksi terbang tersebut.

Volocopter 2X berukuran kecil, seperti telur yang dilengkapi dengan 18 rotor lebar. Pada dasarnya pesawat ini adalah taksi udara yang dibangun untuk mengangkut hanya satu penumpang. Pesawat ini difungsikan untuk penumpang yang membutuhkan waktu cepat ditengah kemacetan, kepadatan penduduk dan penutupan jalan.

CEO Grab Ventures, Chris Yeo menyampaikan bahwa ada kemungkinan pengembangan solusi mobilitas udara di perkotaan lewat kerja sama ini. “Pengguna dapat memutuskan pilihan perjalanan berdasarkan anggaran, kendala waktu dan kebutuhan lainnya, dengan cara yang mulus,” katanya.

Volocopter tidak memerlukan infrastruktur khusus, cukup lahan sperti tempat parkir mobil. Kemitraan dengan Grab sendiri, merupakan tanda jika Volocopter melihat Asia Tenggara sebagai tempat peluncuran untuk transportasi udaranya.

“Kolaborasi ini juga menawarkan potensi untuk kerja sama yang jauh lebih besar yang akhirnya dapat memperluas mobilitas udara” ujar Florian Reuter, CEO Volocopter.

Volocopter menargetkan penerbangan komersial dimulai pada 2022. Penumpang bisa terbang dari satu VoloPort ke VoloPort lainnya. Pada 2035, Volocopter menargetkan telah miliki puluhan VoloPort di Singapura dan menangani 10 ribu penumpang per hari.

Selain Grab, Uber berencana meluncurkan layanan taksi terbang pada 2023. Startup berbagi tumpangan (ride hailing) berkolaborasi dengan sejumlah mitra, salah satunya adalah Volocopter.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks