Startup

GudangAda Mengumumkan Raup Pendanaan Dari Sequoia India Dan JWC Ventures

ACN Media, Jakarta — Di tengah pandemi saat ini startup tanah air berjuang keras untuk dapat terus bertahan, tidak sedikit juga yang akhirnya mengumumkan harus berhenti beroperasi. Namun banyak juga yang berhasil bertahan bahkan meraup pendanaan investor, salah satunya adalah GudangAda, start-up yang bergerak di bidang fast moving consumer goods (FMCG) business-to-business (B2B) di Indonesia, mengumumkan pendanaan Seri A sejumlah US$ 25,4 juta, atau setara Rp 372 miliar.

Pendanaan ini dipimpin oleh investor modal ventura Sequoia India dan Alpha JWC Ventures, ditambah partisipasi dari Wavemaker Partners. GudangAda berencana akan menggunakan pendanaan tersebut untuk memperkuat internal, mengeluarkan lini bisnis baru, dan mengembangkan sistem teknologi termasuk untuk mengantisipasi efek corona yang membuat interaksi fisik antara pedagang grosir dan ritel menjadi terbatas.

Stevensang, pendiri dan CEO GudangAda mengatakan, dimasa pandemi Covid-19, Gudang sudah mengoperasikan layanan logistik di Jabodetabek, Bandung, Semarang, Medan, dan Lampung untuk membantu menjamin ketersediaan pasokan barang. Dalam beberapa bulan ke depan, layanan logistik tersebut juga akan diperluas ke beberapa kota besar lainnya dalam beberapa bulan ke depan.

“Covid-19 memang membawa banyak tantangan bagi hampir seluruh bisnis. Namun, GudangAda siap menghadapinya dan berupaya memberdayakan seluruh pelaku industri FMCG di Indonesia dengan solusi satu pintu berbasis teknologi, termasuk untuk  melalui masa-masa sulit ini dengan sebaik mungkin,” kata Stevensang.

Sebelumnya, GudangAda telah mendapatkan pendanaan awal (seed funding) dari Alpha JWC Ventures dan Wavemaker Partners, dengan partisipasi dari Pavilion Capital, sejumlah US$ 10,5 juta, atau sekitar Rp 154 miliar. Sementara itu, dengan pendanaan Seri A, kali ini, GudangAda telah berhasil mendapatkan total pendanaan sebesar US$ 36 juta, atau sekitar Rp 528 miliar hanya dalam 15 bulan sejak perusahaan berdiri.

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks