Startup

HOOQ Resmi Undur Diri 30 April 2020

ACN Media, Jakarta – HOOQ, penyedia Layanan video streaming mengumumkan akan menutup layanannya terhitung 30 April 2020. Alasan di balik penutupannya karena bisnis tak dapat bertumbuh untuk menutupi biaya operasional. “Pemegang saham sudah memutuskan untuk likuidasi, misalnya SingTel yang memutuskan fokus ke core business”, ujar Country Head HOOQ Indonesia, Guntur S Siboro.

HOOQ merupakan perusahaan joint-venture Sony Pictures, Warner Bros dan Singtel, didirikan pada tahun 2015 ketika kehadiran Netflix masih sedikit di Asia. Singtel merupakan pemegang saham terbesar HOOQ dengan persentase 76,5 persen. HOOQ sendiri telah beroperasi di Singapura, Filipina, Thailand, Indonesia dan India. HOOQ mengklaim bahwa layanannya telah digunakan oleh 80 juta pengguna, dan digadang sebagai pesaing utama Netflix.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Guntur, HOOQ tidak dapat bertumbuh secara memadai dan meraih profit berkelanjutan untuk menutupi biaya yang terus naik. Apalagi, dengan adanya pandemi Covid-19, menjadikan layanan ini makin terpuruk ditambah dengan nilai tukar dollar AS yang membuat biaya operasional makin tinggi, sementara menaikkan harga membuatnya makin tidak bisa bersaing dengan kompetitor.

Di Indonesia HOOQ sempat menggandeng sejumlah operator seluler seperti Smartfren dan Telkom, melalui sistem bundling dari pembelian paket kuota internet guna meningkatkan jumlah pelanggannya. Tidak hanya dengan operator seluler, HOOQ juga melancarkan upayanya untuk bertumbuh dengan bekerja sama dengan Grab. Sayangnya kerja sama dengan sejumlah pihak ini juga dinilai gagal menghasilkan pendapatan dari biaya berlangganan yang dibayarkan secara langsung oleh pengguna.

Setelah tanggal 30 April nanti, pelanggan HOOQ dilaporkan tidak akan lagi dibebankan biaya, sedangkan pengguna baru tidak lagi dapat mendaftar pada layanan streaming yang ditawarkan oleh aplikasi ini dimulai saat keputusan likuidasi diputuskan Singtel.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks