Teknologi

Indonesia Peringkat ke 5 Jumlah Startup Terbanyak di Dunia

ACN Media – Era industri 4.0 dan ekonomi digital menempatkan Indonesia berada di urutan kelima jumlah perusahaan rintisan (startup) terbanyak di dunia, dengan jumlah 2.203 startup. Mengalami pelonjakan dibanding tahun lalu yang tanya berjumlah tahun lalu itu sekitar 1.500-1.800 startup.

Baca juga: Microsoft dan Bukalapak Jalin Kesepakatan Investasi Senilai USD 100 juta

Adapun, negara peringkat pertama adalah Amerika Serikat yang saat ini memiliki 65.779 startup, terbanyak di dunia. India menyusul di posisi kedua dengan jumlah 8.353 startup, Inggris menempati urutan ketiga dengan jumlah 5.387 startup, serta peringkat keempat ada Kanada dengan jumlah startup sebanyak 2.713.

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Bhima Yudhistira mengungkapkan,  kelahiran perusahaan rintisan di Indonesia disebabkan karena saat ini generasi milenial mulai menciptakan usaha baru. Mereka menggunakan kesempatan dari booming ekonomi digital untuk membentuk startup.

Pertumbuhan startup di Indonesia didorong oleh jumlah generasi milenial di Indonesia yang saat ini berjumlah 97 juta orang. Bonus demografi di Indonesia saat ini mulai terasa, secara nasional nanti di tahun 2030, usia produktif akan mayoritas.

Menurut Bhima, perusahaan rintisan perlu membaca apa yang sedang dicari orang lain atau generasi milenial saat ini atau disebut customer centric. Nantinya, startup akan memenuhi kebutuhan dari konsumen, melalui beragam produk atau fitur layanan. “Yang menarik, milenial ini rajin order makanan secara online, dan pemesanan secara online ini meningkat 21% akibat milenial. Jadi milenial itu juga mendorong pola konsumsi nasional,” tuturnya.

Baca juga: Startup Andalin Terima Pendanaan Venture Round Dari Beenext

Bhima mengharapkan, literasi keuangan untuk milenial semakin meningkat, sehingga dapat memanfaatkan ekonomi digital dengan baik. Selain itu, ke depan diharapkan lebih banyak milenial yang membuat startup atau fintech untuk mendukung literasi dan inklusi keuangan Indonesia.

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks