Bisnis

IPO Pekan Ini Di AS Melalui SPAC Valuasi Grab Diperkirakan Mencapai US$ 34 Miliar

ACN Media – Grab dikabarkan pekan ini akan mengumumkan aksi pencatatan penawaran umum perdana (IPO) melalui Special Purposes Acquisition Company (SPAC) atau perusahaan cek kosong asal Amerika Serikat (AS).

Baca juga: Traveloka Jajaki Merger Dengan SPAC Bridgetown Holdings Ltd Untuk IPO Di Amerika Serikat

Dilansir Bloomberg, Senin (12/4), Grab yang didukung oleh T Rowe Price hingga Temasek ditaksir memiliki valuasi mencapai lebih dari US$ 34 miliar atau setara Rp 495,21 triliun. Perusahaan teknologi asal Indonesia, Traveloka, juga akan mengambil langkah yang sama dengan Grab.

“Pencatatan Grab memberikan jalan keluar bagi investor. Ini peluang yang menarik bagi investor AS untuk berinvestasi di perusahaan-perusahaan yang berkembang di Asia Tenggara,” kata kepala investasi di Kamet Capital Partners Pte, Kerry Goh, dikutip Bloomberg.

Traveloka dikabarkan akan melakukan IPO melalui SPAC yang didukung oleh miliarder Richard Li dan Peter Thiel. Perusahaan yang menyediakan layanan pemesanan tiket pesawat dan hotel secara daring ini diperkirakan memiliki valuasi sekitar 5 miliar dolar AS atau setara Rp 72,8 triliun.

Kesepakatan besar ini akan menghadirkan serangkaian penawaran umum perdana dari para startup unicorn di kawasan Asia Tenggara, termasuk Gojek, dan raksasa e-commerce Tokopedia hingga PropertyGuru dari Singapura.

Baca juga: IPO Di Amerika, Grab Holding Berencana Merger Dengan SPAC

Gojek dan Tokopedia, dua startup teknologi paling berharga di Indonesia, dikabarkan saat ini sedang mencari persetujuan investor untuk merger menjelang IPO ganda. Merger dua perusahaan ini akan menciptakan perusahaan internet terbesar di Indonesia.

Tags

About the author

Eric Kaeng

Founder and CEO of @asemcreativenetwork dan acnmedia.id, explore the latest tech, startups and business in South East Asia.

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks