Teknologi

Jack Ma Mundur Sebagai Direktur Softbank

ACN Media, Jakarta — SoftBank mengumumkan bahwa pendiri Alibaba Jack Ma akan mengundurkan diri sebagai direktur dewan pada 25 Juni. Bersamaan dengan pengunduran diri Jack Ma, Dewan juga mengusulkan pengangkatan tiga anggota direksi baru, termasuk kepala keuangan SoftBank, Yoshimitsu Goto. Kandidat lainnya adalah Lip-Bu Tan, CEO pembuat chip Cadence yang berbasis di AS dan pendiri perusahaan modal ventura Walden International, dan profesor Waseda Business School Yuko Kawamoto.

Pengunduran diri Jack Ma berkaitan dengan rencana Softbank untuk membeli kembali (buyback) sahamnya sendiri senilai 500 miliar yen (US$ 4,7 miliar) dari hari ini hingga Maret 2021, yang berada di atas program pembelian kembali US$ 41 miliar yang diumumkan pada bulan Maret.

“Pengumuman pembelian kembali adalah kejutan, mengingat banyaknya harapan rendah dan berita buruk,” Justin Tang, kepala penelitian Asia di United First Partners, mengatakan kepada Bloomberg.

Softbank sebelumnya mengatakan bahwa pihaknya memperkirakan kerugian operasi US$ 12 miliar untuk tahun yang berakhir 31 Maret 2020 karena investasi teknologi menurun nilainya dan pasar memburuk. Mereka memperkirakan kerugian Vision Fund sebesar US $ 16,7 miliar dan kerugian investasi lain senilai US $ 7,4 miliar.

Setelah berinvestasi secara agresif pada sejumlah startup selama beberapa tahun terakhir, SoftBank kini menurunkan nilai saham di perusahaan-perusahaan seperti WeWork, Oyo Hotels dan Uber Technologies Inc.

Banyak perusahaan teknologi besar yang dibiayai Softbank telah terpukul oleh pandemi Covid-19. Jaringan hotel asal India, Oyo, telah merumahkan karyawannya karena pendapatan dan jumlah karyawannya turun hingga 60%. Uber juga telah mem-PHK sekitar 3.700 karyawan karena melihat volume perjalanan yang lebih rendah.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks