Startup

Kolaborasi Startup Bantu Rumah Sakit Dalam Penanganan Pasien COVID-19

ACN Media – Indonesia PASTI BISA (IDPB) Jaga Oksigen, gerakan kolaboratif yang diinisiasi oleh East Ventures untuk membantu rumah sakit di Indonesia dalam penanganan pasien COVID-19, berhasil mengumpulkan donasi senilai US$ 1.063.519 dalam waktu 10  hari. Total donasi yang terkumpul melebihi target US$ 1 juta dan lebih cepat 4 hari dari tanggal penutupan penggalangan dana.

Baca juga: Desty Dapatkan Pendanaan USD 3,2 Juta Dari Investor Yang Dipimpin 5Y Capital 

Seluruh donasi yang terkumpul hingga melebihi target ini memungkinkan IDPB Jaga Oksigen untuk menyalurkan lebih dari 1.000 oxygen concentrator ke rumah sakit di Indonesia.

Pengiriman 200 oxygen concentrator dari target 1.000 unit ke 33 rumah sakit di 10 provinsi di Indonesia telah dimulai sejak 17 Juli 2021. Ada pun 10 provinsi tersebut, antara lain DKI Jakarta, Banten, D.I. Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatra Selatan, Lampung, Papua, dan Nusa Tenggara Barat. Pengiriman ke rumah sakit prioritas ini telah dikoordinasikan dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.

IDPB Jaga Oksigen dimulai untuk membantu Indonesia dalam penanganan pasien COVID-19 yang jumlahnya sedang melonjak. Dengan mengumpulkan kekuatan dari masing-masing mitra, IDPB Jaga Oksigen berhasil membangun sebuah platform terintegrasi untuk mendonasikan oxygen concentrator ke rumah sakit di Indonesia.

IDPB Jaga Oksigen menggabungkan kemampuan dari platform data Bonza, integrasi pembayaran dari Xendit dan Koinworks, jaringan logistik dari Waresix, inventory tracking dari Advotics, dan platform media dari IDN Media.

Indonesia PASTI BISA memastikan pengiriman oxygen concentrator berjalan dengan lancar dengan transparansi yang optimal melalui sistem pelacakan dari Advotics, startup penyedia software SaaS manajemen rantai pasok.

Sebagai salah satu mitra teknologi Indonesia PASTI BISA, Advotics menerapkan sistem QR Code di mana setiap unit oxygen concentrator memiliki label dengan kode QR untuk memudahkan pelacakan oxygen concentrator dari gudang Waresix hingga sampai di rumah sakit tujuan.

Penggalangan dana Indonesia PASTI BISA telah dilakukan sejak 12 Juli 2021. Per Senin, 19 Juli 2021 pukul 22.00 WIB, Indonesia PASTI BISA telah mengumpulkan US$ 477.075 dari 595 donatur, atau sekitar 47% dari target US$ 1 juta.

Baca juga: Amartha Angkat Eks Menteri Komunikasi Dan Sebagai Komisaris Utama

Publik dapat memantau status pengiriman oxygen concentrator melalui situs Indonesia PASTI BISA. Penggalangan dana masih dibuka sampai dengan 26 Juli 2021 pukul 09.00 WIB di indonesiapastibisa.com/jaga-oksigen.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks