Bisnis

Kopi Kenangan Menyandang Status Unicorn Setelah Meraih Pendanaan Seri C Senilai US$ 96 Juta

ACN Media – Kopi Kenangan mengumumkan telah menutup putaran pertama untuk pendanaan seri C senilai US$ 96 juta atau setara 1,3 triliun Rupiah. Pendanaan ini membuat Kopi Kenangan berhasil menjadi startup dengan valuasi di atas US$ 1 miliar atau berstatus unicorn. Kopi Kenangan menjadi unicorn pertama untuk bisnis new retail food and beverage (F&B) di Asia Tenggara.

Pendanaan seri C tersebut dipimpin oleh Tybourne Capital Management. Sejumlah investor pada seri sebelumnya juga terlibat dalam pendanaan seperti Horizons Ventures, Kunlun, dan B Capital. Terdapat investor baru yang terlibat dalam pendanaan tersebut, yakni Falcon Edge Capital.

Kopi Kenangan merupakan startup kuliner yang didirikan Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa pada 2017. Mereka menargetkan celah di pasar Indonesia, antara kopi mahal yang disajikan di coffee-chain internasional dan kopi instan murah yang. Kopi Kenangan memadukan kanal online dan offline. Penggunanya bisa memesan kopi lewat aplikasi, baik untuk dikirim ke rumah, atau mengambil langsung di salah satu dari gerai.

“Kami berkomitmen untuk memperluas jangkauan secara cepat hingga mencapai ribuan gerai di Asia Tenggara, sekaligus melengkapi portfolio kami dengan produk-produk yang dapat memenuhi kebutuhan pasar,” Ujar co-founder & CEO Kopi Kenangan Edward Tirtanata.

Kenangan Brands menaungi sejumlah merek, seperti Kopi Kenangan, Cerita Roti, Chigo, dan Kenangan Manis. Startup kuliner itu juga meluncurkan lini bisnis baru yakni toko premium bernama Kenangan Heritage di Senayan City, Jakarta Pusat. Hingga saat ini, Kopi Kenangan telah memiliki lebih dari 600 gerai di 45 kota di Indonesia.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks