Entrepreneur Gaming

Krafton Akan IPO Di Korea, Kekayaan Pendirinya Ditaksir Akan Mencapai Rp 50,4 triliun

Byung Gyu Chang, (Photo: Bloomberg)

ACN Media – Krafton, perusahaan di balik game Player Unknown’s Battlegrounds (PUBG) akan medaftarkan saham perdana (IPO) di Korea Selatan pada bulan depan. Langkah ini diyakini akan semakin menambah keuntungan dan kekayaan bagi Chang Byung-gyu selaku Chairman sekaligus salah satu pemilik Krafton.

Dikutip dari Bloomberg Billionairse Index, total kekayaan Byung-gyu ditaksir bisa mencapai US$ 3,5 miliar atau setara Rp 50,4 triliun jika harga penawaran umum perdana perusahaan di atas kisaran yang diberikan dalam pengajuan IPO.

Saat ini Krafton sedang berusaha mengumpulkan pendanaan sebesar 5,6 triliun won atau sekitar Rp 71 triliun dan disebut akan menjadi IPO terbesar di Korea Selatan. Sementara itu, kekayaan CEO Kim bisa mencapai US$ 336 juta atau setara Rp 4 triliun.

Baca Juga :  Bekraf WIPO Teken Kerja Sama Pengembangan Merek & Desain

Saham yang dimiliki oleh Chung Seung-hye yaitu istri Byung-gyu, dapat bernilai hingga US$ 206 juta atau setara Rp 2 triliun. Sementara 13% kepemilikan saham Tencent dapat bernilai hingga US$ 3,3 miliar atau sekitar Rp 47 triliun.

Byung-gyu mengawali bisnisnya pada 1997 ketika ia menempuh program doktoral. Dia mendirikan sebuah komunitas online yang terkenal di kalangan anak muda, tetapi karirnya harus berhenti dikarenakan ia dipanggil untuk menjalankan wajib militer.

Saat selesai,  Byung-gyu kemudian mendirikan sebuah penyedia mesin pencari dan menjualnya kepada Naver Corp. Dari dana yang dihasilkan, ia mendirikan perusahaan modal ventura, lalu mulai terjun ke dunia investasi pada startup-startup tahap awal dan mendirikan Krafton pada tahun 2017.

Baca Juga :  Cara Menentukan Gaji para Founder Startup

Saat ini PUBG memiliki banyak penggemar terutama di kalangan anak muda, versi PC dan konsol nya terjual lebih dari 75 juta kopi pada Maret lalu. Sementara versi mobile merupakan permainan yang paling banyak diunduh di lebih dari 150 negara.

Sekitar 94% pendapatan pertama Krafton dari total 461 miliar won atau sekitar Rp 5 triliun berasal dari penjualan luar negeri. Karena suksesnya gim PUBG yang ia dirikan, Byung-gyu akan segera bergabung dalam daftar jajaran miliarder di Korea Selatan.

Byung-gyu mengatakan akan memberikan sahamnya kepada karyawan Krafton senilai 100 miliar won sebagai bentuk penghargaan kepada semua anggota di perusahaan yang telah turut berkontribusi pada perkembangan Krafton.

Baca Juga :  Tim Esport Asal Indonesia Rangking 3 Dunia Player Unknown Battleground (PUBG)

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks