Entrepreneur

Mahasiswa IPB, Bayu Aji Pangestu Kembangkan Startup Pendistribusian Daging Ayam Broiler

Bayu Aji Pangestu -Founder CEO Smartkandang.com

ACN Media – Bayu Aji Pangestu, mahasiswa IPB University Program Studi Teknologi Hasil Peternakan Fakultas Peternakan berhasil mengembangkan startup dengan omzet puluhan juta rupiah hasil dari menyisihkan uang saku. Bayu memulai usaha bisnisnya dengan membentuk platform Smartkandang.com dengan modal awal 200 ribu rupiah.

Baca juga: Grab Buka Tech Center di Jakarta Untuk Dijadikan Pusat Inovasi Kawasan Asia Tenggara

“Saya berhasil mengumpulkan 200 ribu rupiah dari penyisihan modal awal saya di usaha ayam broiler. Modal 200 ribu (bootstrap) saya gunakan untuk membentuk platform dengan harga murah. Setelah platform selesai, proyek terealisasi dengan baik dan Saya langsung jalankan.” ujar Bayu.

Untuk memenuhi permintaan pasar, Smartkandang menggandeng mitra ternak yang peternakannya didukung mesin modern dan tenaga kerja profesional. “Kami selalu berusaha menyediakan produk ayam broiler yang berkualitas dan higienis sehingga aman bagi konsumen untuk diolah kembali,” kata Bayu.

Dalam menjalankan usahanya, Smartkandang.com tidak memiliki lahan pertanian sendiri melainkan bekerjasama dengan puluhan mitra usaha tani. Di awal perjalanannya, Bayu hanya mampu memasok daging ayam sebanyak 400 kilogram per bulan. Seiring berjalannya waktu, Bayu kini memiliki kapasitas stok ayam hingga 50 ton.

Awalnya keuntungan perusahaan tidak lebih dari 5 juta rupiah, saat ini pendapatan perusahaan lebih tinggi dari pendapatan di awal usaha ini. Setiap bulan Smartkandang bisa menghasilkan 28 juta rupiah. Bayu mengatakan, fokus utama perushaannya adalah mengejar nilai yang lebih tinggi agar lebih bermakna dari angka pendapatan, ”ujarnya.

Baca Juga :  Tak Terganggu Pandemi Jungle Ventures Komitmen Untuk Investasi Jangka Panjang Di Indonesia

Bisnis yang dibangun bayu memiliki konsep kemandirian, karena itu dia tidak fokus atau berharap mendapat pendanaan. Bayu lebih memilih untuk fokus pada nilai bisnis yang semakin bermakna dengan meningkatkan kualitas layanannya.

Kini start up yang bergerak di bidang pendistribusian daging ayam broiler ini telah aktif melayani wilayah di delapan kota besar di Indonesia seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Banyuwangi dan Banjarbaru.

Baca juga: LinkAja Mengumumkan Meraih Pendanaan Senilai US$ 100 juta

Harapannya ke depan, Smartkandang.com dapat memperluas layanannya lebih jauh lagi sehingga dapat diakses di pelosok. Bayu memiliki semangat dan aspirasi yang tinggi dalam mengembangkan bisnis ayam broiler yang bersih dan profesional di Indonesia.

“Saya selalu menjunjung tinggi konsep kepercayaan dari pelanggan dengan selalu berharap bisa memberikan harga yang terjangkau setiap hari meski harga daging di pasaran sedang melambung tinggi,” ujarnya.

Baca Juga :  Program #MelajuBersamaGojek Dukungan Gojek Kepada UMKM Untuk Digitalisasi

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks