Gaming Startup

MDI Ventures Pimpin Pendanaan Seri C Untuk Platform Game E-sport Terbesar Asia

ACN Media – Platform mobile e-sports dan game terbesar di Asia, Mobile Premier League (MPL), berhasil meraih pendanaan Seri C senilai US$ 90 juta. Investor yang berpartisipasi dalam pendanaan ini adalah MDI Ventures (perusahaan modal ventura anak usaha Telkom Indonesia), SIG, dan investor awal RTP Global bersama Pegasus Tech Ventures. Investor lama Sequoia India, Go-Ventures, dan Base Partners juga turut serta dalam putaran pendanaan ini. 

Dengan tambahan investasi ini total pendanaan MPL yang telah diterima senilai US$ 130,5 juta setelah sebelumnya meraih US$ 40,5 juta. Pendanaan ini nantinya akan digunakan untuk mempercepat dan meningkatkan posisi dominan MPL di pasar gim, memperluas penawaran produk, dan mengembangkan tim.

Baca juga: Platform Kasir Online, iSeller Mendapat Pendanaan Seri A+

Pendanaan ini juga akan digunakan untuk pengembangan produk, dengan fokus pada fungsi sosial seperti streaming langsung dan fitur konten audio dan video. Pengembangan ini dilakukan MPL untuk kapitalisasi game online yang berkembang pesat dan menjadi platform game, eSports, dan konten terbesar di dunia.

“MPL yang telah hadir di Indonesia sejak April 2019, telah memimpin pasar game, dengan berbagai penawaran dan kemitraan. Putaran pendanaan terbaru ini akan memungkinkan kami untuk menghibur dan menghubungkan pengguna yang lebih besar di India, Indonesia dan sekitarnya,” jelas Sai Srinivas, Co-Founder dan CEO Mobile Premier League.

MPL memiliki basis pengguna dengan jumlah lebih dari 60 juta pengguna, platform ini juga telah mencatat lebih dari 2 miliar transaksi tunai di aplikasi hingga saat ini. Sejak didirikan pada September 2018, MPL telah menambahkan lebih dari 70 variasi game di platformnya dan telah bekerjasama dengan lebih dari 28 developer dan studio game.

Melalui platform MPL, pengembang game dapat mempublikasikan game mereka dengan mudah serta membuka sumber pendapatan baru di mana pengembang dapat memonetisasi game mereka dari hari ke-1 publikasi game. MPL juga menawarkan berbagai jenis konten game ke basis pengguna yang luas sehingga memungkinkan pengguna untuk memilih dari aneka pilihan game esports, casual, fantasy, dan arcade.

Dengan sekitar 300 juta gamer, India berada di antara lima pasar game teratas secara global. Selain itu, pengguna game online telah meningkat dalam beberapa bulan terakhir, sebagai akibat dari dampak Covid-19 pada masyarakat. Dengan adanya langkah-langkah menjaga jarak sosial, telecommuting menjadi norma baru. Acara dan kegiatan olahraga fisik tetap dilakukan namun terbatas. Namun, sisi baiknya, eSports dan game seluler telah berhasil memanfaatkan hal ini untuk menciptakan cara alternatif agar pemirsa tetap terlibat setiap saat.

Di Indonesia MPL sudah dimainkan oleh lebih dari 5 juta orang dengan 26 game di platformnya. MPL Indonesia berfokus pada kolaborasi dengan developer game lokal untuk menyediakan platform bagi mereka untuk menampilkan game yang dikembangkan dan menciptakan peluang bagi developer lokal untuk menghasilkan pendapatan tambahan.

Head of Investments MDI Ventures, Winston Adi, mengatakan, “Game telah menjadi salah satu industri hiburan yang berkembang pesat dan terbesar di dunia. Kami percaya bahwa mobile gaming telah berkontribusi pada pertumbuhan besar industri ini, terutama di Asia. Sebagai portofolio kami, MDI Ventures bangga dengan inovasi yang ditawarkan MPL karena telah berhasil menghadirkan game kompetitif skala besar dengan hasil yang luar biasa. Kami sangat antusias karena dapat memberikan dukungan berkelanjutan dengan mitra kami karena mereka telah turut serta memperkuat posisi MPL, baik di pasar domestik India maupun di Indonesia.”

Baca juga: WeWork Tiongkok Mendapatkan Investasi Senilai US$ 200 Juta Dari Trustbridge Partner

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks