Bisnis

Menjelang IPO Bukalapak Dapatkan Pendanaan US$ 234 Juta

ACN Media – Bukalapak┬ámeraih pendanaan sebesar US$ 234 juta atau setara Rp 3,4 triliun dalam putaran pendanaan yang dipimpin Microsoft, GIC sovereign wealth fund asal Singapura, dan konglomerat media Emtek.

Baca juga: IPO Pekan Ini Di AS Melalui SPAC Valuasi Grab Diperkirakan Mencapai US$ 34 Miliar

Dilansir dari Reuters, putaran pendanaan yang termasuk dalam Pendanaan Seri G tersebut akan memberikan amunisi bagi Bukalapak untuk mendominasi pasar e-commerce di Asia Tenggara. Turut berpartisipasi pula dalam pendanaan ini adalah, SC Ventures, cabang investas Standard Chartered, dan portal web Korea Selatan Naver Corp.

Sebagaimana diketahui, Bukalapak didirikan tahun 2010 oleh Achmad Zaky, Fajrin Rasyid, dan Nugroho Herucahyono. Sejak beroperasi, Bukalapak beberapa kali mendapat pendanaan, antara lain pendanaan dari STRIVE yang bermarkas di Tokyo Jepang, kemudian pendanaan dari 500 Startup dan Emtek Group.

Baca Juga :  Sinergi SehatQ dan Angkasa Pura II Hadirkan Layanan Kesehatan Untuk Calon Penumpang

Investasi BRI Ventures

PT BRI Ventura Investama (BRI Ventures) mengumumkan investasi strategis ke Bukalapak. Hal ini merupakan bagian dari komitmen BRI Ventures untuk terus mendorong inklusi keuangan di Indonesia dan menciptakan pemberdayaan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) yang berkelanjutan.

CEO BRI Ventures Nicko Widjaja mengatakan, investasi strategis bersama Bukalapak ini sangat penting untuk dilakukan, karena sejalan dengan misi BRI Group dalam mendukung UMKM.

BRI Ventures belum menjelaskan detail nilai suntikan dana tersebut. Komitmen BRI Ventures ini merupakan bagian dari kegiatan pendanaan strategis yang dilakukan Bukalapak sejak akhir tahun lalu. Saat ini, Bukalapak telah menjangkau lebih dari 13,5 juta UMKM dan didukung sebanyak 100 juta pengguna di seluruh Indonesia.

Baca Juga :  Traveloka Dikabarkan Tunjuk JP Morgan Untuk Membantu IPO di AS

Bukalapak saat ini tengah berencana untuk melakukan listing di bursa saham Indonesia, dengan menggandeng Mandiri Sekuritas. Bukalapak diperkirakan menghadapi persaingan ketat di pasar publik, seiring dengan rencana unicorn lain untuk go public.

Baca juga: Traveloka Jajaki Merger Dengan SPAC Bridgetown Holdings Ltd Untuk IPO Di Amerika Serikat

Sebelumnya, Gojek dan Tokopedia dikabarkan hampir menyelesaikan merger untuk kemudian mencatatkan saham di bursa AS dan Indonesia. Tak ketinggalan, Traveloka juga bersiap melakukan aksi yang sama dengan SPAC Bridgetown Holdings Ltd.

About the author

Eric Kaeng

Founder and CEO of @asemcreativenetwork dan acnmedia.id, explore the latest tech, startups and business in South East Asia.

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks