Bisnis

Merger Dengan Perusahaan Akuisisi Tujuan Khusus (SPAC), Induk Kredivo Akan Go Publik Di AS

C level Kredivo: Umang Rustagi-COO, Akshay Garg CEO dan Alie Tan-CTO

ACN Media – FinAccel, induk dari Kredivo, startup fintech bidang pembiayaan kredit yang berbasis di Singapura telah mengumumkan merger dengan VPC Impact Acquisition Holdings II (VPCB), sebuah perusahaan akuisisi tujuan khusus (SPAC) yang disponsori oleh Victory Park Capital (VPC), untuk go public di AS.

Baca juga: Cashlez Dan KoinWorks Kolaborasi Untuk Perluas Akses Pendanaan UMKM

Merger ini diperkirakan akan selesai pada Q1 2022. Pencatatan publik akan memungkinkan pertumbuhan Kredivo yang berkelanjutan di Indonesia, memperluas pasar regional, dan membantunya memasuki lini bisnis baru.

Aksi korporasi tersebut akan memberikan FinAccel penilaian perkiraan sebesar USD 2,5 miliar. Diperkirakan akan menghasilkan lebih dari USD 430 juta dari hasil kotor, termasuk investasi swasta sebesar USD 120 juta yang dipimpin oleh Marshall Wace, Corbin Capital, SV Investment, Palantir Technologies, Maso Capital, dan sponsor Victory Park Capital.

Platform Kredivo melayani segmen yang menyasar kelas menengah Indonesia yang berkembang pesat. Segemen ini memiliki hampir 4 juta pelanggan di Indonesia dan perusahaan memiliki rencana untuk memperluas ke pasar regional seperti Vietnam dan Thailand.

Akshay Garg, salah satu pendiri dan CEO FinAccel, mengatakan. “Tidak seperti pasar Barat di mana kredit mudah diakses, bank tradisional di Asia Tenggara secara historis memberikan sedikit kredit konsumen di pasar kami. Sehingga menciptakan peluang yang signifikan bagi Kredivo untuk memanfaatkan kebutuhan kredit lainnya, seperti pinjaman pribadi, dan memenuhi visi kami untuk menyediakan kredit yang cepat, terjangkau, dan mudah diakses kepada puluhan juta pelanggan di wilayah tersebut.”

Gordon Watson, co-CEO VPCB and Partner di VPC, mengatakan: “Kredivo telah menciptakan platform unik yang memungkinkannya berkembang ke pasar baru. Selain itu, tim manajemen kelas dunianya memiliki kemampuan yang terbukti tidak hanya menjalankan strateginya tetapi juga merevolusi fintech di seluruh Asia Tenggara.”

Didirikan pada tahun 2016, Kredivo adalah platform pembayaran kartu kredit digital yang menawarkan berbagai metode pembayaran untuk membantu pelanggan memecah pembayaran besar menjadi pembayaran yang terjangkau dan lebih aman. Layanan mereka menawarkan pinjaman dengan suku bunga rendah dengan Proses aplikasi dan persetujuan hanya membutuhkan waktu dalam hitungan menit.

Baca juga: Emtek Suntikan Dana USD 375 Juta Ke Grab Indonesia

FinAccel saat ini didukung oleh investor berkualitas, termasuk Square Peg, Mirae Asset, NAVER, Jungle Ventures, GMO Internet, dan Telkom Indonesia.

About the author

Eric Kaeng

Founder and CEO of @asemcreativenetwork dan acnmedia.id, explore the latest tech, startups and business in South East Asia.

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks