Teknologi

Nissan Gandeng WeRide Untuk Kembangkan Mobil Otonom

Mobil otonom kolaborasi antara Nissan dan WeRide

ACN Media – Pengembangan mobil otonom dilakukan hampir oleh semua perusahaan otomotif dan teknologi. Tidak ketinggalan, Nissan pun ikut dalam perlombaan pengembangan mobil otonom alias mobil tanpa sopir tersebut.

Nissan disebut telah menggandeng WeRide, perusahaan asal Tiongkok untuk mengembangkan teknologi otomotif di masa depan tersebut. WeRide memang melakukan pengembangan untuk mobil otonom level 4. Di level ini, mobil-mobil yang dibekali teknologi otonom level 4 bisa melaju sendiri tanpa bantuan manusia.

Startup asal dari Negeri Tirai Bambu itu diketahui memiliki valuasi senilai USD 3,3 miliar, dan sudah mengumpulkan pendanaan sampai USD 310 juta. Investornya termasuk aliansi Renault-Nissan-Mitsubishi dan China Structural Reform Fund, kata WeRide dalam sebuah pernyataan yang dikutip dari Reuters.

Baca Juga :  Teebike Startup Asal Prancis Mengubah Sepeda Biasa Menjadi Sepeda Listrik Menggunakan Bluetooth

Semenjak diluncurkan pada 2018 WeRide mendapat dukungan dari Nissan, Renault, dan Mitsubishi. Dalam sebuah pernyataan, WeRide akan memulai tes pada Juli 2020 di jalan terbuka daerah Guangzhou, dengan izin pemerintah daerah setempat.

Selain WeRide, perusahaan seperti Pony.ai yang didukung Toyota, Baidu Inc, dan Didi Chuxing juga menguji mobil otonom. Tetapi semuanya dibekali dengan staff satu atau dua orang yang berada di dalam mobil.

Di Amerika Serikat, Alphabet Inc Waymo juga menguji kendaraan penumpang tanpa pengemudi. Nuro, perusahaan rintisan lainnya, juga sudah mendapatkan izin untuk menguji mobil pengiriman tanpa pengemudi dalam skala kecil di California.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks