Bisnis

Pemerintah Akan Bentuk Perusahaan Modal Ventura Khusus Untuk Startup Tanah Air

ACN Media – Pemerintah Indonesia sedang mempersiapkan sebuah skema untuk menyalurkan pendanaan khusus untuk startup tanah air. Hal ini didasari dari kesadaran bahwa pendanaan untuk startup lokal hingga keberhasilan startup Indonesia dalam meraih gelar unicorn yang nyatanya bisa terjadi karena sokongan dari sejumlah pihak dan investasi asing.

Menteri BUMN Erick Thohir mengungkapkan pemerintah melakukan pembenahan dengan menyiasati pendanaan di waktu yang akan datang agar tak lagi kehilangan momentum dengan menginisiasi Merah Putih Fund yang memberikan pendanaan bagi perusahaan rintisan atau startup Indonesia.

Erick mengungkapkan bahwa Merah Putih Fund memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi startup yang ada di tanah air, untuk dapat sampai ke level unicorn dengan bantuan dari investor yang berasal dari dalam negeri.

Demi melancarkan program tersebut, disebutkan bahwa sejatinya sudah ada beberapa perusahaan BUMN yang Judah disiapkan untuk menyokong program pendanaan ini di waktu yang akan.

Beberapa perusahaan BUMN bahkan selama ini dikenal sering memberikan investasi ke sejumlah startup ternama di Indonesia, di antaranya Telkom Indonesia, Bank Mandiri, dan Bank BRI lewat masing-masing anak perusahaan modal ventura yang dimiliki perusahaan.

Erick Thohir membeberkan beberapa persyaratan bagi startup yang akan diberikan pendanaan melalui Merah Putih Fund. Salah satu syaratnya adalah pendiri startup tersebut harus WNI. Tak hanya itu, operasional perusahaan juga harus ada di Indonesia.

Persyaratan tersebut diterapkan karena saat ini startup di Indonesia banyak yang berpindah tangan ke negara lain, seperti Singapura. Sehingga, BUMN harus melakukan intervensi untuk menjaganya.

“Kita tidak anti asing, tapi kita juga tidak mau market kita dipakai pertumbuhan negara lain. Kita harus pastikan market kita untuk pertumbuhan negara kita,” pungkasnya.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks