Bisnis

Pemerintah Indonesia Dan Singapura Bangun Kawasan Ekonomi Digital Di Batam

Kawasan Ekonomi Digital Nongsa

ACN Media – Hubungan bilateral pemerintah Indonesia dan Singapura menghasilkan Nongsa D-Town, kawasan ekonomi khusus yang berlokasi di Batam ini fokus pada pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital.

Baca juga: Microsoft Umumkan Akan Membangun Datacenter Di Indonesia

Nongsa D-Town merupakan pengembangan dari Nongsa Digital Park yang telah diresmikan pada tahun 2018 oleh Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakrishnan.

Lokasi di Batam dipilih karena memiliki keunggulan geo-strategis yang dekat dengan Singapura. Batam diharapkan berfungsi sebagai jembatan digital untuk menghubungkan Singapura ke kota-kota lain yang sedang berkembang di Indonesia. Peresmian Nongsa D-Town yang dilakukan pada Selasa (02/03/2021) secara virtual oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Chan Chun Sing.

Kawasan ini dibangun berkat kolaborasi Sinarmas Land dan Citramas Group diresmikan secara virtual, Selasa (02/03/2021). Peresmian dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto dan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Chan Chun Sing.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto mengatakan, Indonesia terus bekerja sama secara bilateral dengan Singapura dalam menambah kemampuan berkompetisi, lapangan kerja dan investasi untuk memperkuat stabilitas regional. Selain itu, Batam memiliki lokasi strategis yang dekat dengan Singapura sehingga keberadaannya sebagai jembatan digital antar kedua negara yang digagas sejak 2017 dapat terwujud.

Senada dikatakan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Chan Chun Sing, bahwa Nongsa D-Town mencerminkan pencapaian dari kerja sama pemerintah dan pelaku usaha kedua negara.

Pengembangan Nongsa D-Town dipicu potensi pertumbuhan ekonomi digital di kedua negara jiran ini. Bahkan, ekosistem start-up Indonesia dianggap paling aktif di Asia Tenggara dan menempati posisi ke-5 di dunia setelah Amerika, India, Inggris, dan Kanada.

Baca juga: CEO Bukalapak Ungkapkan Rencana IPO

Nongsa Digital Park berada di kawasan ekonomi khusus yang fokus pada pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital. Hingga kini, Nongsa Digital Park telah menampung 1.000 tenaga kerja digital dari 100 perusahaan multinasional seperti Glints, R/GA, dan WebImp yang telah resmi menjadi bagian dari Nongsa D-Town.

About the author

Eric Kaeng

Founder and CEO of @asemcreativenetwork dan acnmedia.id, explore the latest tech, startups and business in South East Asia.

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks