Startup

Setara 20 SKS Pendaftaran Program StartUP Campus Dibuka Lagi

ACN Media – Program StartUP Campus yang diinisiasi oleh Ahmad Zaki Foundation bersama sejumlah mitra digelar memfasilitasi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman langsung di luar kampus dengan kegiatan pelatihan yang bersertifikasi.

Program ini didukung sepenuhnya oleh Kemendikbud Ristek dan merupakan merupakan bagian dari implementasi program Merdeka Belajar dari kegiatan Kampus Merdeka.

“Jadi melalui kegiatan ini, mahasiswa bisa merintis usahanya (startup) untuk menjadi founder dari perusahaan yang diimpikannya,” kata Direktur Achmad Zaky Foundation, Maryati dalam keterangan resminya.

Menurut Maryati, kegiatan StartUP Campus ini setara dengan 20 Satuan Kredit Semester (SKS) yang berlaku di semua kampus. Ada beberapa penilaian terhadap sebuah karya yang dirintis oleh mahasiswa. Pertama, tolak ukur keberhasilan program melibatkan 15-30 tim on boarded. Kedua, tingkat penyelesaian 80 persen.

Ketiga nilai evaluasi mentor dan tingkat kepuasan harus mencapai skala 4 dari 5. Dengan kriteria tersebut diharapkan akan lahir inovasi-inovasi berbasis teknologi di masa depan yang berdaya guna tinggi.

Baca Juga :  Populix Kumpulkan US$ 1,2 Juta Dalam Putaran Pendanaan Pra Seri A Yang Dipimpin Oleh Intudo Ventures

Pendaftaran StartUP Campus periode kedua dibuka mulai dari 1 Juli hingga 15 Juli 2021. Selanjutnya peserta akan mengikuti 3 tahapan seleksi yakni proses administrasi, penjelasan ide startup dan profil tim, serta wawancara di proses akhir.

Setelah lulus dari proses seleksi, para peserta akan diberikan pelatihan berbasis daring, bimbingan dan saling berinteraksi dalam mengembangkan sebuah ide dengan para pakar dan expert di dunia startup.

Para peserta juga akan difasilitasi dengan konten pembelajaran berkualitas tinggi, mentor dan tenaga pengajar profesional di industri Startup.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Ristek, Prof. Nizam mengatakan, StarUP Campus memiliki arti penting bagi para mahasiswa untuk membangun Entrepreneurship.
 
Menurut dia anak muda Indonesia memiliki potensi dan kreativitas yang luarbiasa untuk membangun startup. Terbukti, bilang Nizam, saat ini Indonesia merupakan negara dengan jumlah startup terbesar nomor lima di dunia.
 
Pemerintah, sambung dia, akan mendukung penuh setiap inisiatif untuk mengembangkan semua potensi yang dimiliki bangsa ini, termasuk melahirkan startup-startup sociopreneur berstandar internasional.

Mahasiswa bisa mendapatkan info pendaftaran dengan mengakses https://bit.ly/TimStartUp. Peserta yang akan mengikuti program ini harus membentuk tim yang terdiri dari minimal 2 orang, dengan ide startup yang baik sebagai kriteria penilaian.

Baca Juga :  Singapura Dan Indonesia Negara Penghasil Unicorn Terbanyak Di Asia Tenggara

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks