Startup

Pendiri Kopi Kenangan Akan Membantu Startup Tahap Awal Melalui Kenangan Investment Fund

ACN Media –¬†Startup gerai kopi, Kopi Kenangan meluncurkan Kenangan Fund, lembaga pemodalan untuk membantu pendanaan startup tahap awal.

Baca juga: Ruangguru Masuk Daftar 50 Perusahaan Paling Inovatif Di Dunia Dari Fast Company

Kopi Kenangan didirikan pada 2017 oleh Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa.  Startup yang awalnya adalah jaringan kedai minuman ini tercata telah lima kali menerima pendanaan.  Pendanaan awal diterima pada Oktober 2018 sebesar US$ 8 juta dari Alpha JWC Ventures, kemudian pendanaan seri A pada Juni 2019 dari Sequoia Capital India sebesar US$ 20 juta.

Pendanaan Seri A yang kedua pada bulan Juni 2019 dari Alto Partners Multi-Family Office dengan nilai yang tidak diungkapkan. Lalu pendanaan seri A yang ketiga dari Serena Ventures (perusahaan miliki petenis Serena Wiliam), Arrive (perusahan konsultasi milik rapper sekaligus penulis lagu dan pengusaha asal AS, Jay-Z), Jonathan Noman, dan Caris LeVert juga dengan besaran yang tidak diungkapkan. Terakhir pendanaan seri B sebesar US$ 209 juta dari Sequoia Capital India, Alpha JWC Ventures, B.Capital Group, GIC, Horizon Ventures, Sofina, Verlinvest, KUNLUN, dan Victor Koch.

Kenangan Fund belum menetapkan sektor startup yang diincar. Menurut Edward Tirtanata, CEO Kopi Kenangan, fokusnya adalah startup di Indonesia dan memiliki potensi pertumbuhan eksponensial. Kenangan Fund mengalokasikan modal (ticket size) yang akan disuntikkan berkisar antara US$ 10.000 – 150.000 (sekitar Rp 144 juta – 2 miliar) untuk startup yang akan didanai.

Kenangan Fund sebetulnya sudah ada sejak Mei 2020, dan sejak saat itu sudah ada beberapa startup yang telah diberikan pendanaan, yakni startup logistik Dropezy, startup fintech BukuKas, startup podcast Noice, dan startup otomotif Otoklix.

Baca juga: Gojek Bergabung Sebagai Pemegang Saham LinkAja

Edward mengatakan dalam laporannya bahwa investasi yang dilakukan Kenangan Fund tersebut tidak terkait dengan bisnis dan operasional Kopi Kenangan. Para pendiri Kopi Kenangan yakni Edward Tirtanata, James Prananto, dan Cynthia Chaerunnisa menjadi investor di Kenangan Fund. Mereka menilai, investasi di startup merupakan peluang yang tidak boleh dilewatkan.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks