Bisnis

Perang SuperAap Makin Intensif, Airasia Akuisi Gojek Thailand

ACN Media – Airasia Digital (sebelumnya dikenal sebagai RedBeat Ventures), cabang digital dari operator maskapai yang berbasis di Malaysia, telah mengakuisisi operasi Gojek di Thailand. Sebagai imbalannya, Gojek akan menerima kepemilikan saham di airasia Super App, yang nilai pasarnya dikatakan sekitar US$1 miliar.

Kesepakatan itu diharapkan dapat meningkatkan ekspansi airasia Super App di ASEAN, sekaligus memungkinkan Gojek untuk meningkatkan investasi di operasi Vietnam dan Singapura yang telah diidentifikasi pasar-pasar ini memiliki sumber pertumbuhan yang kuat untuk bisnis ke depan.

Di Thailand, airasia Super App bertujuan untuk terus memanfaatkan layanan ekosistem yang ada untuk pengendara, pedagang, dan pelanggan, sambil menambahkan penawaran baru seperti bahan makanan dan barang kecantikan.

Aplikasi Gojek akan terus beroperasi untuk pengguna yang ada di Bangkok hingga 31 Juli 2021. Mitra pengemudi dan pedagangnya akan diundang untuk bergabung dengan airasia Super App dalam beberapa minggu mendatang.

Perusahaan penerbangan tersebut akan bekerja sama dengan tim Gojek yang ada di Thailand, yang akan mengoperasikan bisnis Gojek selama masa transisi sebelum beralih ke super app-nya.

Baca Juga :  Traveloka Berencana IPO Dengan Opsi Merger

CEO airasia Group Tony Fernandes mengatakan, aksi korporat ini adalah awal dari kemitraan strategis jangka panjang yang luar biasa dengan Gojek. “Dengan mengambil alih bisnis Gojek Thailand yang sudah mapan, kami akan dapat meningkatkan ambisi kami di ruang ini untuk menjadi aplikasi super penantang ASEAN terkemuka.”

CEO Gojek Kevin Aluwi mengatakan, “airasia Digital dan airasia Super App akan menjadi mitra yang sangat berharga bagi kami karena kami memiliki tujuan yang sama untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna sekaligus meningkatkan mata pencaharian pengemudi dan merchant.”

airasia Digital memanfaatkan aset fisik dan digital grup untuk menciptakan ekosistem bisnis yang terhubung dengan pelanggannya dalam kehidupan sehari-hari mereka. Ini terdiri dari tiga perusahaan digital utama: 1) airasia Super App, yang menyediakan platform gaya hidup untuk perjalanan, e-commerce, layanan keuangan, produk dan layanan pertanian ke meja, kesehatan dan pendidikan; 2) Teleport, perusahaan logistik e-commerce yang menawarkan pengiriman instan dari pintu ke pintu; dan 3) lengan fintech BigPay.

Kesepakatan airasia-Gojek akan semakin mengintensifkan pertempuran untuk posisi aplikasi super nomor satu. Grab, raksasa teknologi yang berbasis di Singapura baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan go public di AS melalui merger terbesar yang pernah ada dengan perusahaan cek kosong dengan penilaian pasar sebesar US$ 40 miliar.

Baca Juga :  CEO Bukalapak Ungkapkan Rencana IPO

About the author

Eric Kaeng

Founder and CEO of @asemcreativenetwork dan acnmedia.id, explore the latest tech, startups and business in South East Asia.

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks