Bisnis

Perusahan Modal Ventura Alpha JWC Ventures Akan Perluas Jangkauan Investasi Usai Menghimpun Dana US$ 433 Juta

ACN Media – Perusahaan modal ventura Alpha JWC Ventures menghimpun dana investasi senilai US$ 433 juta atau setara dengan Rp 6,1 triliun (kurs Rp 14.250 per dollar AS). Total pendanaan tersebut diperoleh dari berbagai investor global dan regional, termasuk International Finance Corporation (bagian dari Grup Bank Dunia) dan Morgan Stanley Alternative Investment Partners.

Dengan masuknya investasi tersebut menjadikan Assets Under Management (AUM) Alpha JWC Ventures yang fokus pada pendanaan awal di perusahaan rintisan (startup) mencapai 630 juta dollar AS atau setara Rp 8,9 triliun.

Alpha JWC Ventures turut mengantarkan tiga perusahaan portofolio mereka mencapai status Unicorn, seperti Kredivo, Carro, dan Ajaib. Alpha JWC Ventures juga mencatat sebelas perusahaan portofolio lainnya yang mendekati status Unicorn.

Dana dari Fund III ini akan digunakan untuk melanjutkan misi Alpha JWC Ventures dalam menemukan dan membangun perusahaan-perusahaan teknologi terbaik di Asia Tenggara dan Indonesia. Selain itu, dana kelola yang lebih besar ini memungkinkan Alpha JWC Ventures untuk memperluas jangkauan sektor dan jumlah investasinya, mulai dari ratusan ribu dollar AS hingga 60 juta dollar dalam bentuk pendanaan bertahap.

Co-Founder dan General Partner Alpha JWC Ventures, Chandra Tjan, mengatakan “Sejak awal pendirian Alpha JWC Ventures, kami ingin membawa Indonesia dan Asia Tenggara menjadi pusat ekonomi digital dunia yang baru. Perjalanan kami dan portofolio Alpha JWC Ventures selama ini membuktikan startup Indonesia dan Asia Tenggara mampu bersaing di kancah global.”

Meskipun pandemi belum usai, 2021 telah menjadi tahun yang membanggakan bagi Alpha JWC Ventures dan portofolionya. Secara kolektif, perusahaan portofolio Alpha JWC Ventures telah berhasil menghimpun pendanaan senilai lebih dari 1 miliar dollar AS tahun ini.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks