Internasional

Perusahan Modal Ventura B Capital Umumkan Pendanaan Baru Senilai US$ 415 Juta

ACN Media – Perusahaan modal ventura yang didirikan oleh co-founder Facebook Eduardo Saverin dan Raj Ganguly, B Capital mengumumkan telah memperoleh dana baru sebesar US$ 415 juta untuk memperluas aktivitas investasinya di India dan Indonesia.

Baca juga: Dapat Tambahan Modal Sebesar US$ 195 Juta Sequoia Akan Makin Gencar Bantu Startup Tahap Awal

B Capital adalah perusahaan modal ventura yang selama ini fokus berinvestasi di startup di seluruh dunia yang berada di tahap awal (growth stage) yang menjalankan bisnisnya di bidang fintech, kesehatan, transportasi, hingga logistik.

Penggalangan dana baru yang dinamakan Elevate ini akan memberikan modal lanjutan untuk perusahaan-perusahaan tahap lanjut yang berkinerja tinggi dalam portofolio B Capital.

Dengan dana segar yang baru saja diterimanya, perusahaan ventura ini kini memiliki dana total mencapai US$ 1,9 miliar dalam bentuk aset kelolaan atau Asset Under Management (AUM).

B Capital  juga mengumumkan peluncuran secara resmi kantornya di China. Unit China akan dipimpin oleh General Partner Daisy Cai, yang akan mengawasi tim yang berinvestasi di perusahaan teknologi lokal tahap awal dan tahap pertumbuhan.

Co-founder B Capital Group Raj Ganguly mencatat peluang dalam pasar teknologi B2B yang sedang berkembang di China. Menurutnya, dua dekade terakhir di China adalah tentang kebangkitan internet konsumen, dua dekade berikutnya adalah tentang transformasi digital dalam industri traditional: perawatan kesehatan, perbankan, asuransi, dan industri.

“Dari sepuluh perusahaan terbesar di China, hanya Huawei yang benar-benar menyediakan solusi teknologi skala perusahaan. Kami percaya sekarang adalah waktu yang tepat untuk memasuki China. Kami sangat bersemangat untuk menemukan Salesforce atau Oracle berikutnya di China, dan kami sudah memiliki sejumlah perusahaan yang kami bidik yang memiliki jenis potensi ini,” tambahnya.

General Partner Daisy Cai yang baru diangkat akan memimpin tim yang terdiri dari hampir selusin pakar investor. Daisy sebelum bergabung dengan B Capital Group berasal dari SoftBank Vision Fund, di mana dia menjadi Partner. Daisy juga sebelumnya pernah bargabung di Goldman Sachs dan Baidu Ventures.

“Tim B Capital China akan berinvestasi dalam bisnis berbasis data dan berbasis perangkat lunak yang akan memberdayakan transformasi digital negara. Perawatan kesehatan adalah fokus strategis lainnya karena B Capital memiliki rekam jejak investasi yang sukses dan membantu startup dengan go-to-market dan komersialisasi,” sambungnya.

Sejalan dengan masuknya B Capial ke China, perusahaan juga akan ekspansi sumber daya investasi di India dan Indonesia terjadi dua negara ini dianggap merupakan pusat teknologi dengan pertumbuhan tercepat di Asia.

Di Indonesia, B Capital baru-baru ini tercatat memimpin pendanaan Seri A senilai US$ 20 juta untuk platform e-commerce Ula dan Seri B senilai US$53 juta untuk platform keuangan pribadi Payfazz.

Baca juga: Akan Diakuisisi Microsoft, Aplikasi Chat Discord Dihargai Senilai US$ 10 Miliar

B Capital yang berbasis di AS, didirikan awal Januari 2015.  Hingga saat ini mereka telah berinvestasi di 69 startup, antara lain: BYJU’S, FalconX, LabelBox, Ula, dan lainnya.

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks