Startup

PHK 5% Karyawan, Grab Berikan Laptop Hingga Saham Bagi Yang Terkena PHK

ACN Media — Kantor pusat Grab di Singapura memangkas sekitar 5% karyawannya karena permintaan bisnis perjalanan yang menurun akibat ketidapastian proses pemulihan akibat pandemi. Sebelumnya, Grab telah melakukan efisiensi, mulai dari penghematan biaya dengan menawarkan cuti sukarela yang tidak dibayar dan mengurangi jam kerja bagi karyawan hingga memangkas gaji 20% karyawan level atas.

Dalam emailnya kepada karyawan, pendiri dan CEO Grab, Anthony Tan menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh karyawan Grab. Dia mengatakan telah mencoba segala kemungkinan untuk menghindari hal ini, tetapi harus menerima bahwa pengurangan karyawan diperlukan.

Pandemi yang terjadi sejak akhir tahun 2019 berdampak luas pada ekonomi dan banyak perusahaan. Oleh sebab itu perusahaan yang berbasis di Singapura ini tengah mengambil langkah-langkah penyesuaian. Bisnis Grab terdampak oleh kebijakan lockdown yang diterapkan oleh negara-negara di Asia Tenggara untuk memperlambat penyebaran virus. Sementara beberapa bisnis, seperti pengiriman makanan terjadi lonjakan permintaan karena langkah-langkah lockdown. Namun total pendapatan tetap jauh lebih rendah dibandingkan dengan sebelum terjadinya pandemi.

Tan mengatakan bahwa hal ini akan menjadi pemutusan hubungan kerja atau PHK organisasi terakhir tahun ini. “Saya yakin ketika kita mengeksekusi melawan rencana baru untuk memenuhi target, kita tidak akan harus melalui latihan yang menyakitkan ini lagi di masa mendatang,” ujarnya.

Untuk mengurangi dampak PHK ini, Grab memberikan dukungan finansial kepada karyawan yang terkena pemutusan hubungan kerja berupa, pesangon, asuransi kesehatan, konversi cuti hamil menjadi dana tunai untuk karyawan wanita dan pria yang istrinya sedang hamil, laptop, hingga saham.

Grab saat ini beroperasi di delapan negara Asia Tenggara serta memiliki pusat penelitian dan pengembangan di luar kawasan termasuk India, Cina, dan Amerika Serikat (AS).

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks