Teknologi

PLN Luncurkan Program ‘1000 Renewable Energy For Papua’

ACN Media, Jakarta – Tanah Papua memiliki bentang alam dan geografis yang kaya. Namun luasnya jangkauan antar wilayah satu dengan lainnnya menjadi tantangan mengaliri listrik ke rumah-rumah para penduduknya.

Dengan lokasi desa yang berjauhan dan faktor alat transportasi yang sedikit, membuat PLN harus menyusun skenario alternatif untuk melistriki “Bumi Cendrawasih.”

PT PLN (Persero) pada hari Jumat (18/10/2019) resmi meluncurkan program ‘1.000 Renewable Energy for Papua’ sebagai wujud komitmen PLN untuk menerangi Tanah Papua.

Director Bisnis Regional Maluku dan Papua PLN, Ahmad Rofik mengatakan Program 1.000 Renewable Energy for Papua menjadi inisiatif strategi PLN mencapai target elektrifikasi 2020. Menurutnya program ini menjadi solusi efektif untuk percepatan elektrifikasi di Papua dan Papua Barat.

“PLN menggelar survei Ekspedisi Papua Terang pada bulan Agustus – September 2018 dengan melibatkan 165 mahasiswa pecinta alam dari 5 Kampus Perguruan Tinggi. Ekspedisi ini melibatkan LAPAN dan TNI AD, guna mendapatkan data untuk keperluan menyusun rencana paling efektif, melistriki ratusan desa di Provinsi Papua dan Papua Barat,” ungkapnya.

Direktur Jenderal Energi Baru, Terbarukan dan Konservasi Energi F.X Sutijastoto mengatakan saat ini masih ada 1.724 desa yang gelap gulita, dari total 7.358 desa.

Berdasarkan data dari Kementrian ESDM Rasio Elektrifikasi (RE) di Provinsi Papua adalah 94,28 persen dan Papua Barat 99,99 persen, sehingga saat ini RE di dua provinsi tersebut sebesar 95,75 persen.

Ditargetkan sampai akhir tahun 2019 elektrifikasi Provinsi Papua mencapai 96,79 persen dan Provinsi Papua Barat 99,99 persen. Tambahan yang dialiri listrik PLN sebanyak 399 desa dan LTSHE sebanyak 230 desa. Sehingga akhir tahun ini sisa 1.123 desa yang gelap gulita.

Dari hasil kajian dan survei PLN, ada empat alternatif pembangkit listrik EBT yang ditawarkan dalam Program 1.000 Renewable Energy for Papua, yakni Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro (PLTP), Tabung Listrik (Talis), Pembangkit Listrik Tenaga Biomassa (PLTBm), serta Pembangkit Listrik Yenaga Surya (PLTS).

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks