Entrepreneur

Program #MelajuBersamaGojek Dukungan Gojek Kepada UMKM Untuk Digitalisasi

ACN Media – Co-CEO Gojek Andre Soelistyo mengatakan, Gojek meninisiasi program yang diberi nama #MelajuBersamaGojek, melalui program ini perusahaannya ingin mendorong para UMKM untuk lebih mudah menerapkan digitalisasi pada operasional bisnisnya sehari-hari. 

Gojek menghadirkan platform www.melajubersamagojek.com, melalui platform ini pelaku UMKM akan dibantu menggeliatkan bisnisnya. Pelaku UMKM juga akan diberikan jajak pendapat untuk mengetahui solusi ekosistem digital dalam penerapan operasional bisnis mereka sehari-hari.

Menurut Andre, butuh waktu lima tahun bagi perusahaannya untuk bekerjasama dengan 500 ribu mitra UMKM yang berjualan di platformnya saat ini. Namun, dalam waktu empat bulan Gojek bisa mendapat 120 ribu lebih (UMKM) itu karena banyak solusi dan inovasi yang terus mereka kembangkan.

“Para UMKM konvensional perlu bertransformasi ke platform digital agar mereka bisa beradaptasi sesuai perubahan perilaku konsumen. Pasalnya, saat ini banyak konsumen menggunakan platform digital untuk memenuhi kebutuhannya”, ujar Andre.

Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) dalam risetnya mencatat, 94% dari UMKM yang beralih go digital dan bergabung ke dalam ekosistem Gojek di tengah pandemi adalah usaha mikro. Sedangkan hampir separuh (43%) dari UMKM yang bergabung adalah pengusaha pemula.

Riset LD FEB UI juga menunjukkan, kontribusi mitra Gojek di semua layanan terhadap perekonomian Indonesia mencapai Rp 104,6 triliun pada tahun lalu. Nilainya setara 1% Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.  Riset tersebut dilakukan secara online terhadap 53.989 responden, yang dipilih dengan pencuplikan acak sederhana (simple random sampling) kepada mitra yang aktif selama tiga bulan terakhir.

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks