Startup

Puncaki Perolehan Pendanaan Startup Namun Indonesia Nomor Dua Dalam Kesepakatan Di Asia Tenggara

ACN MediaStartup (perusahaan rintisan) Indonesia menempati posisi teratas di kawasan Asia Tenggara dalam hal perolehan pendanaan berdasarkan laporan Dealstreet Asia berjudul Southeast Asia Deal Review: Q1 2020.

Keseluruhan, perusahaan rintisan Indonesia meraup pendanaan dengan total nilai US$ 1,3 miliar pada kuartal I/2020. Jumlah tersebut didominasi oleh Gojek dengan total pendanaan mencapai US$ 1,2 miliar pada Maret 2020.

Sementara perusahaan rintisan yang bergerak di sektor teknologi mendalam (deep tech), Eureka, meraup total pendanaan US$ 20 juta pada kuartal I/2020. Jumlah tersebut merupakan yang terbesar di antara startup deep tech lain di Asia Tenggara.

Singapura berada di posisi kedua negara yang mendapatkan kesepakatan pendanaan terbesar di Asia Tenggara, setelah startup berbasis di negara tersebut mengumumkan investasi baru senilai US$ 1,2 miliar selama kuartal pertama.

Baca Juga :  Dikabarkan Memasuki Tahap Akhir Penggalangan Dana sebesar USD 1,5 Miliar Tokopedia Akan Menyandang Status Decacorn

Adapun, dekakorn ride hailing asal Malaysia, Grab, menyumbang lebih dari 70 persen dari total pendanaan di Negeri Singa. Perusahaan superapps tersebut mengumumkan investasi dengan nilai US$ 856 juta pada Februari 2020.

Selain itu perusahaan rintisan bidang edukasi, Zenius, berhasil mengantongi investasi terbesar di sektor tersebut dengan perolehan dana mencapai US$ 20 juta.

Dalam hal jumlah kesepakatan Indonesia masih kalah dari Singapura. Jumlah kesepakatan di Negeri Singa mencapai 68 kesepakatan. Yang membedakan antara Singapura dan negara-negara Asia Tenggara lainnya adalah peningkatan modal yang dilakukan untuk sektor-sektor yang lebih canggih seperti deep tech dan green tech.

Indonesia berada di urutan kedua pada kuartal I/2020 dengan 36 kesepakatan, diikuti oleh Malaysia (14 kesepakatan), Vietnam (12 kesepakatan) dan Thailand (8 kesepakatan).

Baca Juga :  TaniHub Menutup Pendanaan Seri B Dengan Total US$ 65,5 Juta
Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks