Startup

Qlue Dapatkan Pendanaan Dari Perusahaan Telekomunikasi Asal Jepang

Founder dan CEO Qlue, Rama Raditya

ACN Media – Startup pengembang platform smart city Qlue, telah memperoleh pendanaan dari perusahaan telekomunikasi asal Jepang, KDDI. Investasi ini dilakukan melalui KDDI Open Innovation Fund III. Tidak disebutkan berapa jumlah pendanaan yang diterima oleh Qlue.

Baca juga: Founders Bersiap, Grab Ventures Velocity Tahun Ini Akan Kembali Hadir

Seiring dengan pendanaan ini, KDDI dan Qlue akan mengintegrasikan platform yang dikembangkan oleh Qlue dengan bisnis KDDI di Asia Tenggara. Kerja sama ini juga mencakup integrasi layanan infrastruktur teknologi yang dimiliki oleh KDDI.

Didirikan pada tahun 2016, Qlue fokus membantu perusahaan dan pemerintah di berbagai kota untuk mendigitalisasi layanan mereka. Saat ini, 120 kota dan kabupaten di Indonesia sudah memanfaatkan layanan mereka.

Layanan Qlue juga digunakan oleh sejumlah klien di luar negeri seperti di Singapura, Filipina, Cina, India, Australia, Jepang, dan Rusia. Klien Qlue ini berasal dari sektor pemerintahan sebanyak 70 persen dan 30 persen dari sektor swasta.

Qlue menawarkan sejumlah layanan seperti aplikasi pelaporan warga QlueApp, analisis CCTV berbasis artificial intelligence QlueVision, platform visualisasi data QlueDashboard, dan solusi produk berbasis internet of things QlueSense. Startup ini telah beberapa kali melakukan penggalangan dana dari sejumlah investor, termasuk dari MDI Ventures dan GDP Venture.

Baca juga: Solusi Permasalahan Kontainer di Indonesia, Aplikasi Tollaut.id Resmi Beroperasi

Sementara itu, KDDI Open Innovation Fund III fokus berinvestasi di startup IoT, big data, hiburan, dan fintech. Mereka memiliki dana kelolaan sebesar 20 miliar yen (sekitar Rp2,6 triliun) yang diluncurkan pada April 2018 dan akan berjalan hingga Maret 2028. Saat ini, mereka telah berinvestasi di 93 startup berbasis di Jepang dan sejumlah negara lainnya.

Tags

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks