Startup

Resmi J&T Express Sandang Gelar Startup Unicorn Indonesia

ACN Media –¬†Perusahaan rintisan (startup) yang menyandang gelar unicorn di Indonesia bertambah satu lagi, setelah startup bidang ekspedisi, J&T Express (PT Global Jet Express) resmi memiliki nilai valuasi 7,8 miliar dollar AS atau setara Rp 113,5 Triliun.

Baca juga: Shipper, Startup Bidang Logistik Raih Pendanaan Seri B US$ 63 Juta

Gelar unicorn diberikan kepada startup yang memiliki nilai valuasi di atas 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 14,5 triliun. Hingga saat ini, Indonesia sudah memiliki empat startup yang berstatus sebagai unicorn yaitu Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, OVO dan J&T Express. Khusus Gojek, saat ini telah berstatus decacorn karena valuasinya telah mencapai 10 miliar dollar AS atau setara Rp 145,6 triliun.

Dengan nilai valuasi tersebut, Gojek juga sekaligus menyandang predikat sebagai startup decacorn

J&T Express didirikan di Indonesia pada 2015 oleh dua mantan eksekutif Oppo, Jet Lee dan Tony Chen. Inisial pada nama perusahaan pun (“J” dan “T”) diambil dari huruf pertama kedua pendirinya.

Saat ini J&T Express bermarkas di Jakarta dan dipimpin oleh CEO Robin Lo. Sejak 2017, penyedia layanan logistik ini gencar melakukan ekspansi bisnis ke luar Indonesia, termasuk ke Vietnam, Malaysia, Thailand, Kamboja, Singapura, Filipina, dan terbaru ke China.

Baru-baru ini J&T Express juga dilaporkan mendapatkan suntikan dana senilai lebih dari US$ 2 miliar (sekitar Rp 29 triliun). Dana tersebut diperoleh lewat sebuah putaran pendanaan yang diikuti oleh dua perusahaan ekuitas swasta China, Hillhouse Capital dan Boyu Capital, serta firma modal ventura Sequoia Capital China.

Tahun lalu, J&T Express juga dilaporkan juga berhasil mengumpulkan investasi lebih dari 100 juta dollar AS (sekitar Rp 1,4 triliun) dari beberapa pemodal China. Di Indonesia, J&T Express menjadi mitra pengiriman logistik dari sejumlah e-commerce besar, termasuk, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, Shopee, dan JD.id.

Baca juga: Akuisisi Orami Startup Ecommerce Parenting, Sirclo Perluas Segmen Pasar

Di Negeri Tirai Bambu, J&T Express disebutkan tengah berkembang secara agresif agar mampu melawan perusahaan pengiriman ekspedisi saingan yang didukung oleh e-commerce raksasa China, Alibaba.

About the author

Eric Kaeng

Founder and CEO of @asemcreativenetwork dan acnmedia.id, explore the latest tech, startups and business in South East Asia.

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks