Bisnis

Resmi Merger Gojek Dan Tokopedia Kini Bernama GoTo

ACN Media – Dua raksasa teknologi Indonesia Gojek dan Tokopedia hari ini mengumumkan bahwa mereka telah menggabungkan kedua perusahaan dan membentuk GoTo Group.

Baca juga: Telkomsel Kembali Gelontorkan Dana Ke Gojek, Total Rp 6,4 Triliun

Dalam pernyataan pers hari ini tidak disebutkan detail keuangan dari perusahaan merger tersebut. Disebutkan bahwa perjanjian tersebut menandai kombinasi bisnis terbesar yang pernah ada di Indonesia dan terbesar antara dua perusahaan media dan layanan internet yang berbasis di Asia hingga saat ini.

Pembentukan GoTo Group, dengan layanan pengiriman yang luas dan cepat serta penetrasi yang dalam, berarti pengiriman e-commerce pada hari yang sama semakin dekat untuk menjadi norma di Indonesia.

GoTo juga akan mengembangkan lebih lanjut pembayaran dan penawaran layanan keuangannya untuk memberikan pengalaman keuangan yang lebih baik kepada konsumen, pengemudi dan pedagang sambil juga memperluas untuk menjangkau lebih banyak segmen yang kurang terlayani di Indonesia, di mana 140 juta orang memiliki sedikit atau tidak ada akses ke sistem keuangan negara.

GoTo Group juga akan terus fokus pada pasar dimana Gojek sudah beroperasi, termasuk di mancanegara, termasuk Singapura dan Vietnam.

Dalam kesepakatan merger ini co-CEO Gojek, Andre Soelistyo akan memimpin sebagai CEO GoTo Group, dengan Patrick Cao dari Tokopedia akan menjabat sebagai Presiden GoTo Group. Kevin Aluwi akan tetap menjabat sebagai CEO Gojek dan William Tanuwijaya akan tetap menjadi CEO Tokopedia.

Selain bertanggung jawab pada grup perusahaan, Andre Soelistyo juga akan memimpin bidang layanan keuangan perusahaan di bawah merek baru GoTo Financial, yang mencakup GoPay serta penawaran layanan dan pedagang grup.

Baca juga: Kuartal I 2020 Pendanaan Ke Startup Asia Tenggara Menyentuh Rekor Sebesar US$ 6 Miliar

Pertama kali dilaporkan oleh Bloomberg pada awal tahun ini, merger dan peluncuran identitas GoTo Group telah menjadi salah satu berita penting dalam ekosistem startup teknologi Asia Tenggara.

About the author

Eric Kaeng

Founder and CEO of @asemcreativenetwork dan acnmedia.id, explore the latest tech, startups and business in South East Asia.

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks