Startup

Ruangguru Dapatkan Pendanaan US$ 55 Juta Dari Tiger Global Management

CEO Ruangguru, Belva Devara dan COO Ruangguru, Iman Usman

ACN Media – Startup pendidikan Ruangguru mengumumkan mereka telah meraih pendanaan sebesar US$ 55 juta atau sekitar Rp 801 miliar yang dipimpin oleh Tiger Global Management. Investor sebelumnya General Atlantic dan GGV Capital juga ikut berpartisipasi.

Baca juga: Resmi J&T Express Sandang Gelar Startup Unicorn Indonesia

Dengan dana tambahan ini, perusahaan akan memanfaatkannya untuk mempercepat ekspansi bisnis di Indonesia, Vietnam dan Thailand. Terutama pada segmen K-12 dan segmen pembelajaran seumur hidup.

Belva Devara, Co-founder dan Chief Executive Officer Ruangguru menyebutkan pihaknya sangat senang dapat bermitra dengan Tiger Global dan mendapat dukungan berkelanjutan dari GGV Capital.

“Keduanya perusahaan global terkenal dengan investasi di beberapa perusahaan teknologi pendidikan terbaik secara global. Kami berbagi visi yang sama tentang dunia dengan akses ke pendidikan berkualitas untuk semua. Ruangguru terus mengalami lintasan pertumbuhan yang kuat di tahun lalu dan investasi ini akan membantu kami mengembangkan bisnis lebih jauh dan memberikan dampak yang berarti dalam pendidikan, melalui teknologi,” katanya seperti dirilis blog Ruangguru, hari Senin (19/4/2021).

Startup edutech ini pertama kali melakukan ekspansi ke Vietnam pada tahun 2019 dengan meluncurkan KienGuru. Selang satu tahun kemudian, Ruangguru kembali berekspansi dengan meluncurkan StartDee di Thailand.

Perusahaan ini juga mengenalkan Roboguru, pemecah pekerjaan rumah bertenaga AI untuk memfasilitasi siswa dalam memahami latihan yang sulit. Lainnya, perseroan juga mengembangkan Skill Academy dengan melayani lebih dari 3 juta pengguna meski baru berumur 1 tahun.

Tiger Global Management, LLC adalah firma investasi yang berfokus pada perusahaan swasta dan publik di industri internet, perangkat lunak, konsumen dan pembayaran global. Perusahaan ekuitas swasta ini diluncurkan pada 2003 dan telah berinvestasi di ratusan perusahaan di lebih dari 30 negara, dalam semua tahap pendanaan.

Baca juga: Shipper, Startup Bidang Logistik Raih Pendanaan Seri B US$ 63 Juta

Sementara itu GGV Capital adalah perusahaan ventura global yang mengelola US$ 9,2 miliar dengan investasi di Amerika Serikat, Kanada, Cina, Asia Tenggara, India, Amerika Latin, dan Israel.

About the author

Eric Kaeng

Founder and CEO of @asemcreativenetwork dan acnmedia.id, explore the latest tech, startups and business in South East Asia.

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks