Bisnis

Semakin Dekat IPO Bukalapak Akan Menjadi Yang Terbesar Di Indonesia Dalam 10 Tahun Terakhir

UMKM Bukalapak

ACN Media – Rencana kapan Bukalapak akan melakukan penawaran saham perdana (IPO) mulai terkuak. Salah satu raksasa e-commerce Indonesia tersebut diperkirakan akan IPO pada  bulan Agustus 2021 dengan nilai saham yang ditawarkan senilai US$ 800 juta atau setara Rp 11,40 triliun.

Baca juga: Bukalapak Akuisisi Startup Ecommerce Itemku

IPO ini diperkirakan akan menjadi yang terbesar di Indonesia dalam 10 tahun dan terbesar yang pernah ada di sebuah negara, yang dilakukan sebuah startup. Setelah itu, kemungkinan IPO GoTo menjadi tonggak berikut yang menjadi terbesar setelah Bukalapak.

Bukalapak didirikan pada tahun 2010 oleh tiga anak muda, yaitu  Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid. Selain memiliki misi umum berupa keinginan menciptakan perekonomian yang adil bagi semua masyarakat, Bukalapak juga mengedepankan tujuan spesifik yaitu pemberdayaan bagi  para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Startup berusia 11 tahun ini mengklaim memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Banyak investor besar yang berada di belakangnya, termasuk Microsoft, GIC Singapura, media lokal Emtek (EMTK.JK), Standard Chartered, dan portal web Korea Selatan Naver Corp.

Baca juga: Resmi Merger Gojek Dan Tokopedia Kini Bernama GoTo

Bukalapak awalnya bertujuan mengumpulkan US$ 300 juta dari IPO sebelum ingin bergabung dengan perusahaan akuisisi tujuan khusus (SPAC) di Amerika Serikat, tetapi sekarang fokus hanya pada IPO-nya, kata salah satu sumber.

About the author

acnmedia

Media Online, Informasi Seputar Startup & Teknologi, Bisnis, Entrepreneur & Gaming

Add Comment

Click here to post a comment

Enable Notifications    OK No thanks